LIPUTAN KHUSUS:

Polusi Udara Berpengaruh pada Pola Cuaca Asia dan Eropa


Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Peningkatan polusi udara di Asia Tenggara, dikombinasikan dengan pengurangan polusi di Eropa, mungkin memiliki pengaruh penting pada pola cuaca di Eropa dan Asia

Perubahan Iklim

Selasa, 08 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Berdasarkan penelitian, peningkatan polusi udara di Asia Tenggara, dikombinasikan dengan pengurangan polusi di Eropa, mungkin memiliki pengaruh penting pada pola cuaca di Eropa dan Asia dalam beberapa dekade terakhir.

Analisis catatan cuaca dan model iklim oleh para ilmuwan di University of Reading mengungkapkan, perubahan tingkat polusi udara di dua wilayah kemungkinan merupakan kekuatan pendorong utama di balik perubahan kondisi atmosfer yang mendukung musim panas yang berkepanjangan di Eropa, serta menyebabkan musim kemarau di Asia Tengah dan Eropa.

Penelitian baru yang diterbitkan di Nature Communications itu menunjukkan, perubahan polusi udara selama 1979-2019 mengurangi gradien suhu antara kedua wilayah, secara signifikan melemahkan aliran jet di Asia.

Angin dataran tinggi ini memiliki pengaruh kuat pada sirkulasi atmosfer di belahan Bumi utara, dan membentuk cuaca di seluruh Eropa dan daerah lintang tengah lainnya.

Kabut polusi membayangi gedung-gedung di Jakarta, yang sebagian besar berasal dari gas emisi buang kendaraan bermotor dan pembangkit listrik di sekitar ibu kota. Foto: Jurnasyanto Sukarno/Greenpeace

Dr Buwen Dong, seorang ilmuwan NCAS di University of Reading, mengatakan, apa yang mereka temukan menunjukkan perubahan polusi udara memiliki pengaruh yang lebih besar pada cuaca musim panas Belahan Bumi Utara daripada yang mereka duga.

"Penelitian ini melawan saran sebelumnya bahwa melemahnya aliran jet musim panas adalah hasil dari pemanasan yang cepat di Kutub Utara karena emisi gas rumah kaca. Ini menyoroti peran penting lain yang dimainkan aktivitas manusia dalam mendorong cuaca ekstrem di wilayah yang luas," katanya.

Polusi udara diketahui memiliki dampak langsung pada suhu permukaan, karena partikel polusi mencegah panas dari matahari menembus ke tanah. Oleh karena itu, peningkatan polusi di Cina dan daerah lain di Asia Selatan dan Timur selama 40 tahun terakhir menghasilkan suhu permukaan yang lebih rendah, sementara pemotongan di Eropa menyebabkan langit lebih cerah dan suhu lebih panas.

Perubahan suhu di lintang yang berbeda mengurangi geseran angin vertikal dan oleh karena itu melemahkan jet barat subtropis Eurasia musim panas--pita angin yang membentang ke timur di atas Asia Tengah dan Cina utara dari North Atlantic Jet Stream--sebesar 7 persen selama periode tersebut.

Para peneliti melihat efek gas rumah kaca dan partikel polusi secara terpisah, dan menemukan bahwa yang pertama sebenarnya menyebabkan penguatan aliran jet, tetapi dikalahkan oleh dampak polusi udara.

Dong mengatakan, saat negara-negara Asia Tenggara memenuhi komitmen untuk mengurangi tingkat polusi udara mereka selama beberapa dekade mendatang, kami berharap untuk melihat aliran jet menguat di atas Eurasia sekali lagi, berpotensi mengurangi kemungkinan gelombang panas yang berkepanjangan tetapi meningkatkan kemungkinan topan kuat di garis lintang tengah.

PHYS