LIPUTAN KHUSUS:

Spesies Baru Sawtail Catshark Telah Ditemukan di Filipina


Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Spesies baru Sawtail Catshark ditemukan di Filipina. Spesies baru tersebut diberi nama Galeus friedrichi.

Biodiversitas

Selasa, 06 Desember 2022

Editor :

BETAHITA.ID - Sekelompok peneliti berhasil menemukan spesies baru sawtail catshark yang diberi nama Galeus friedrichi. Spesies baru ini merupakan spesies ketiga dari genus hiu kucing Galeus--setelah Galeus sauteri dan Galeus schultzi--didokumentasikan dari Filipina.

Temuan tersebut dipublikasikan dalam makalah secara online di Journal of the Ocean Science Foundation.

Galeus adalah genus hiu kucing laut dalam di keluarga Pentanchidae. Ini adalah salah satu genera hiu paling kaya spesies dengan hampir 20 spesies yang diakui secara ilmiah. Anggota genus ditemukan di Atlantik, Pasifik barat dan tengah, dan Teluk California.

Mereka umumnya dikenal sebagai hiu kucing ekor gergaji, mengacu pada lambang bergigi gergaji yang khas dari dentikel dermal yang membesar, ditemukan di sepanjang tepi atas sirip ekornya.

Galeus friedrichi n. sp. holotipe, CAS-ICH 247314, jantan dewasa, TL 534 mm, tampak samping, setelah preservasi./Foto: Makalah Galeus friedrichi (Carcharhiniformes: Pentanchidae), a new sawtail catshark from the Philippines

Mereka tidak berbahaya dan agak kecil dan langsing dengan tubuh yang kencang dan kulit yang tebal dan kasar. Kepala mereka biasanya cukup panjang dan runcing, serta memiliki mulut besar dengan alur yang berkembang dengan baik di sudutnya.

Banyak spesies berpola hiasan dengan pelana dan/atau bercak gelap. Mereka memakan berbagai invertebrata dan ikan, dan mungkin bertelur atau hidup.

"Galeus dibedakan dari anggota lain dari keluarga Pentanchidae dengan kombinasi pola warna bercak dan bintik-bintik, sirip dada yang relatif besar, serta tidak adanya dentikel yang membesar di sepanjang permukaan perut batang ekor yang menjadi ciri hiu dari genus. Figaro, kerabat terdekat mereka dalam keluarga,” tulis ahli biologi kelautan Pusat Penelitian Hiu Pasifik David Ebert dan Jessica Jang di makalah mereka.

“Genus ini tersebar luas, sebagian besar terjadi di rak dan lereng benua luar, dan lereng pulau dari kedalaman sekitar 100 hingga 2.000 m.”

Galeus friedrichi (nama umum filipina sawtail catshark) diketahui hanya dari jenis spesimen yang ditangkap di lepas pantai Sikayab-Bukana, Filipina pada kedalaman 550 m.

Ini adalah spesies Galeus ketiga yang ditemukan di Filipina, dengan Galeus schultzi endemik di Filipina dan Galeus sauteri juga terdapat di lepas pantai Taiwan.

Ini dapat dipisahkan dari semua kerabat regional dengan kombinasi tidak adanya pola pelana atau bercak pada tubuh dan sirip ekor; ukuran besar, melebihi panjang total 50 cm; jumlah yang lebih tinggi dari vertebra monospondilus dan vertebra precaudal.

“Sejak 2002, hampir seperempat dari semua chondrichthyan telah dideskripsikan,” tulis para peneliti.

“Kebangkitan taksonomi chondrichthyan selama 20 tahun terakhir ini telah mengarah pada identifikasi banyak spesies baru yang tidak dapat dinilai oleh Daftar Merah IUCN.”

Faktanya, tiga dari 9 hiu kucing yang dibahas di makalah kami baru diberi nama dalam 15 tahun terakhir. Banyak dari penemuan ini, termasuk spesies baru, adalah spesies laut dalam, menyoroti berapa banyak yang masih harus ditemukan di lingkungan ini, terutama karena perikanan berkembang secara global ke laut dalam.

SCI News