LIPUTAN KHUSUS:

Studi: Zona Emisi Rendah Meningkatkan Kesehatan Masyarakat


Penulis : Kennial Laia

Zona emisi rendah di berbagai kota di dunia dapat meningkatkan kualitas udara, dan berpengaruh pada penurunan risiko penyakit mematikan yang terkait dengan pencemaran udara.

Lingkungan

Jumat, 14 Juli 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Sejumlah penelitian menunjukkan, keberadaan zona rendah emisi atau low emission zones (LEZ) meningkatkan kesehatan masyarakat. 

Lebih dari 320 zona ini beroperasi di seluruh Inggris, Eropa, dan terutama Tokyo, Jepang. Zona ini mengurangi polusi udara di suatu area dengan membatasi jumlah kendaraan yang sangat berpolusi, biasanya mesin diesel tua. Skema, termasuk zona emisi ultra rendah London, juga disebut dapat meningkatkan kualitas udara. 

Tinjauan baru, yang diterbitkan dalam Lancet Public Health journal, mengumpulkan berbagai penelitian tentang skema di kota-kota di seluruh dunia. Rosemary Chamberlain, dari Imperial College London, yang merupakan bagian dari tim peninjau, mengatakan: “Kami ingin menyatukan studi terbaru dari LEZs secara global, untuk memahami efektivitasnya dan untuk menginformasikan rencana masa depan untuk mengatasi polusi udara.”

LEZ tidak sama di semua tempat, sehingga sulit untuk dibandingkan. Beberapa hanya berlaku untuk truk dan bus, sementara yang lain juga mencakup taksi, mobil, dan sepeda motor. Para peneliti kesehatan di setiap negara juga menggunakan pendekatan dan sumber data yang berbeda. Studi membandingkan data sebelum dan sesudah tanggal mulai LEZ dan beberapa juga membuat perbandingan dengan daerah tanpa LEZ. Data berasal dari hasil survei kesehatan, catatan dokter umum dan rumah sakit, serta pendaftaran kematian.

Kendaraan bermotor menjadi penyebab utama polusi udara. (Teras/Tempo/Hilman Fathurrahman W)

Terlepas dari perbedaan pendekatan ini, lima dari delapan studi LEZ menunjukkan penurunan yang jelas pada masalah jantung dan peredaran darah saat LEZ diterapkan. Ini termasuk lebih sedikit rawat inap ke rumah sakit, lebih sedikit kematian akibat serangan jantung dan stroke, dan lebih sedikit orang dengan masalah tekanan darah. 

Hasil ini berasal dari zona di Jerman, Jepang dan Inggris. Salah satu penelitian di Jerman menganalisis data rumah sakit dari 69 kota dengan LEZ. Ditemukan penurunan 2% -3% pada masalah jantung dan 7% -12% penurunan pada stroke. Peningkatan terbesar terjadi pada orang lanjut usia dan menghasilkan perkiraan penghematan biaya kesehatan sebesar £3,8 miliar.

Tidak semua penelitian menemukan hasil yang sama. Lima penelitian, lagi-lagi mencakup zona di Jerman, Jepang, dan Inggris, mengamati masalah pernapasan dan paru-paru. Dua ditemukan peningkatan dan sisanya tidak menunjukkan hasil yang pasti.

“Tinjauan ini menunjukkan bahwa LEZ mampu meningkatkan hasil kesehatan yang terkait dengan polusi udara. Bukti paling konsisten untuk penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Namun, terlalu dini untuk sepenuhnya menilai manfaat jangka panjangnya,” kata Chamberlain. 

Bukti terbaru tentang efek polusi udara memberi tahu kita bahwa kerusakan kesehatan akibat polusi udara terakumulasi selama hidup kita. Kanker akibat polusi udara adalah contoh yang paling jelas. Tetapi polusi udara juga menghambat perkembangan fisik dan kognitif anak-anak serta menambah penyakit kronis di kemudian hari, termasuk osteoporosis dan demensia. 

Studi LEZ tidak cukup lama untuk menunjukkan jenis efek seumur hidup ini, meskipun dua studi di zona Jerman menunjukkan bahwa manfaat kesehatan cenderung meningkat selama periode tiga dan lima tahun. Satu studi, dari zona Tokyo, mendeteksi peningkatan tingkat kanker paru-paru enam sampai sembilan tahun kemudian.

Guardian