LIPUTAN KHUSUS:

Suhu Laut Membuat Cuaca Ekstrem Kian Intens dan Aneh


Penulis : Kennial Laia

Level panas yang diserap lautan mencapai rekor tertinggi pada 2023, mengurangi jumlah oksigen di lautan yang mengancam kehidupan laut.

Perubahan Iklim

Minggu, 14 Januari 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Data terbaru mengungkapkan bahwa suhu laut yang “mencengangkan” pada tahun 2023 menambah cuaca “aneh” di seluruh dunia seiring dengan semakin intensifnya krisis atau perubahan iklim.

Lautan menyerap 90% panas yang terperangkap oleh emisi karbon dari pembakaran bahan bakar fosil, menjadikannya indikator paling jelas dari pemanasan global. Para ilmuwan mengatakan, tingkat panas yang diserap oleh lautan mencapai rekor tertinggi pada tahun 2023, dan data menunjukkan bahwa selama dekade terakhir, lautan semakin panas setiap tahun,  dibandingkan tahun sebelumnya.

Panas juga menyebabkan rekor tingkat stratifikasi di lautan, di mana air hangat yang menggenang di permukaan mengurangi pencampuran dengan perairan yang lebih dalam. Hal ini mengurangi jumlah oksigen di lautan, sehingga mengancam kehidupan laut, dan juga mengurangi jumlah karbon dioksida dan panas yang dapat diserap laut di masa depan.

Pengukuran suhu laut yang dapat diandalkan dimulai sejak 1940, namun kemungkinan besar lautan kini berada pada titik terpanasnya selama 1.000 tahun dan memanas lebih cepat dibandingkan kapan pun dalam 2.000 tahun terakhir..

Ilustrasi Laut (UN.Org)

Ukuran krisis iklim yang paling umum – yaitu suhu udara rata-rata global – juga meningkat pada tahun 2023, dengan selisih yang sangat besar. Namun suhu udara lebih dipengaruhi oleh variasi iklim alami, termasuk kembalinya fenomena pemanasan El Niño tahun lalu.

“Lautan adalah kunci untuk memberi tahu kita apa yang terjadi di dunia dan data tersebut memberikan gambaran menarik tentang pemanasan tahun demi tahun,” kata Prof John Abraham, dari Universitas St Thomas di Minnesota, bagian dari tim yang menghasilkan data baru tersebut. 

“Kita sudah menghadapi konsekuensinya dan akan menjadi lebih buruk jika kita tidak mengambil tindakan,” katanya. “Tapi kita bisa mengatasi masalah ini sekarang dengan konservasi angin, matahari, air dan energi. Ketika orang-orang menyadarinya, hal ini sangat memberdayakan. Kita dapat mewujudkan ekonomi energi baru di masa depan, sekaligus menghemat uang dan lingkungan.”

Suhu yang luar biasa pada 2023 menimbulkan pertanyaan apakah pemanasan global semakin cepat. Namun Abraham berkata: “Kami sedang mengamati hal ini, namun saat ini, kami tidak mendeteksi adanya percepatan yang signifikan secara statistik. Saat ini, pada dasarnya terjadi peningkatan linier dari sekitar tahun 1995.”

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Atmospheric Sciences ini menggunakan data suhu yang dikumpulkan oleh berbagai instrumen di lautan untuk menentukan kandungan panas di kedalaman 2.000 meter teratas, tempat sebagian besar panas diserap, serta suhu permukaan laut. 

Pada 2023, terdapat tambahan 15 zettajoule panas yang diserap oleh lautan, dibandingkan dengan 2022. Sebagai perbandingan, umat manusia menggunakan sekitar setengah zettajoule energi per tahun untuk menggerakkan seluruh perekonomian global. Secara total, lautan menyerap 287 zettajoule pada 2023.

Angka-angka ini berdasarkan data dari Institute of Atmospheric Physics di Chinese Academy of Sciences. Kumpulan data terpisah dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS menemukan peningkatan serupa dan tren serupa dari waktu ke waktu.

Suhu permukaan laut pada 2023 “di luar batas normal”, kata para peneliti. Penyebab utamanya adalah rekor emisi karbon selama satu tahun lagi, yang dibantu oleh El Niño. Sepanjang tahun, suhu rata-rata 0,1C lebih tinggi dari tahun 2022, tetapi pada paruh kedua 2023 suhunya secara“mencengangkan” 0,3C lebih tinggi.

Para ilmuwan mengatakan rekor tingkat stratifikasi dan berkurangnya oksigen di laut akan menimbulkan “konsekuensi parah” bagi kehidupan tumbuhan dan hewan di laut. Pada 2023 sendiri, gelombang panas laut melanda lautan. 

Abraham mengatakan bahwa pembakaran batu bara, minyak dan gas harus segera diakhiri. “Jika kita tidak mengurangi arah perubahan iklim, maka kita akan mengalami lebih banyak cuaca ekstrem, lebih banyak gangguan iklim, lebih banyak pengungsi iklim, dan lebih banyak lagi pengungsi akibat perubahan iklim. hilangnya produktivitas pertanian,” katanya. 

“Kita akan  menanggung kerugian dalam bentuk uang dan nyawa akibat masalah yang sebenarnya bisa kita hindari. Dan, secara umum, mereka yang paling tidak bertanggung jawab akan menjadi pihak yang paling menderita, dan ini merupakan ketidakadilan yang luar biasa,” kata Abraham.