LIPUTAN KHUSUS:

Sudahkah Kampanye Penanaman Pohon Mengikuti Praktik Terbaik?


Penulis : Kennial Laia

Ada perbedaan besar antara sekadar menanam pohon dan memastikan pohon bertahan dan tumbuh dalam jangka panjang.

Hutan

Rabu, 31 Januari 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Studi terbaru menunjukkan, kampanye penanaman pohon secara global telah mencapai tingkat yang sangat tinggi selama dekade terakhir. Daya tarik penanaman pohon ini mudah dipahami. Hutan yang sehat membantu melawan perubahan iklim dengan menyerap sebagian dari kelebihan emisi karbon dioksida, dan juga menyediakan habitat satwa liar dan manfaat kualitas hidup bagi masyarakat lokal. Manfaat yang didapatkan dan animo yang mengiringinya menjadikan kampanye ini seperti kemenangan yang mudah.

Namun, ada perbedaan besar antara sekadar menanam pohon dan memastikan pohon bertahan dan tumbuh dalam jangka panjang. Menurut Karen Holl, profesor di UC Santa Cruz (UCSC) Environmental Studies, tanpa pemahaman ekologis atau perencanaan jangka panjang dan tindak lanjut agar proyek reboisasi berhasil, upaya penanaman pohon akan sia-sia, telantar, atau bahkan membahayakan manusia dan planet ini.

Studi tersebut, terbit di Conservation Letters, 22 Januari 2024, meneliti bagaimana dampak dari pendidikan tentang praktik terbaik penanaman pohon agar reboisasi berhasil. 

Holl mengatakan, ada sebuah pertanyaan penting ketika sebuah organisasi atau instansi melakukan penanaman pohon. “Pertanyaan pentingnya adalah apa yang terjadi setelahnya?” kata Holl, dikutip dari Phys.org, Senin, 29 Januari 2024. 

Warga Kinipan menanam pohon di lokasi lahan yang telah dibabat oleh PT SML untuk dijadikan perkebunan sawit, Sabtu (19/1/2019).

“Ada banyak kegagalan yang terdokumentasi dalam kampanye penanaman pohon, jadi kami berharap organisasi-organisasi tersebut meningkatkan praktik mereka dan mengambil lebih banyak akuntabilitas, termasuk melalui data yang dilaporkan secara publik,” kata Holl. 

Untuk mengkaji masalah ini, peneliti pascadoktoral UCSC Spencer Schubert memimpin analisis konten web yang tersedia untuk umum untuk menilai 99 organisasi yang mengoordinasikan program penanaman pohon skala besar di seluruh dunia. Tim peneliti, yang terdiri dari tiga mahasiswa sarjana dan satu mahasiswa pascasarjana dari UCSC, menilai setiap organisasi berdasarkan seberapa baik informasi publik mereka menunjukkan komitmen terhadap praktik terbaik.

“Kami meninjau situs web serta laporan tahunan dan dokumen terkait lainnya untuk benar-benar mendapatkan gambaran luas tentang informasi yang diungkapkan organisasi kepada publik,” kata Schubert. “Kami ingin fokus pada seberapa transparan organisasi mengenai praktik mereka, karena itulah yang memungkinkan calon donor atau investor mengevaluasi apa yang dijanjikan oleh organisasi-organisasi ini.”

Secara khusus, para peneliti menilai organisasi-organisasi tersebut berdasarkan 10 pedoman yang ditetapkan oleh penelitian Holl sebelumnya. Pedoman tersebut berfokus pada keterlibatan masyarakat, mengatasi penyebab utama deforestasi, mencegah dampak buruk yang tidak diinginkan, dan berkomitmen terhadap pengelolaan dan pemantauan proyek jangka panjang. Semakin spesifik suatu organisasi mengenai tujuannya dan menunjukkan dampaknya dalam bidang-bidang tersebut, semakin tinggi pula peringkatnya.

Ada kemajuan, namun tantangan masih banyak 

Para peneliti membandingkan temuan analisis mereka dengan penelitian sebelumnya untuk melihat bagaimana tren penerapan praktik terbaik berubah seiring berjalannya waktu. Salah satu perbaikan adalah keterlibatan masyarakat, yang sering disebut oleh para kritikus sebagai elemen yang hilang. 

Analisis tim menunjukkan bahwa 91% organisasi kini mengakui keterlibatan masyarakat sebagai komponen kunci keberhasilan reboisasi, dan hampir semua organisasi mendiskusikan manfaat proyek mereka bagi masyarakat lokal. Namun, hanya 38% organisasi yang benar-benar melaporkan data yang menunjukkan bagaimana masyarakat memperoleh manfaat dari proyek.

Sementara itu, 78% organisasi berhasil memberikan informasi tentang penyebab spesifik deforestasi di wilayah kerjanya, dan 75% di antaranya mendiskusikan cara mengatasi masalah ini. Studi ini menunjukkan beberapa kemajuan positif dalam pemantauan proyek. Sebuah studi pada 2021 sebelumnya menemukan bahwa hanya 18% organisasi menyebutkan pemantauan di situs web mereka, namun dalam studi saat ini, angka tersebut telah meningkat menjadi 70%.

Namun, hanya 41% organisasi yang benar-benar melaporkan data mengenai tingkat kelangsungan hidup pohon, dan 61% dari seluruh organisasi gagal menentukan berapa lama proyek akan dipertahankan, dipantau, atau dibiayai. Hanya 10% organisasi yang menyatakan bahwa mereka memerlukan komitmen terhadap proyek mereka yang berjangka waktu lebih dari 10 tahun. Dan hanya 19% yang membahas potensi dampak negatif penanaman pohon, meskipun mereka juga memaparkan strategi untuk menghindari permasalahan tersebut.

“Secara keseluruhan, masih banyak kesenjangan dalam rincian dan data yang kami lihat,” kata Schubert. “Hal ini dan ketidakjelasan umum mengenai pengelolaan jangka panjang, pendanaan, dan perlindungan terhadap proyek-proyek ini menimbulkan beberapa kekhawatiran serius. Hal ini tidak berarti bahwa reboisasi tidak berhasil, namun ada banyak ketidakpastian mengenai apakah upaya penanaman pohon global ini akan mencapai manfaat jangka panjang yang diinginkan."

Holl berkata bahwa ia merasa gembira bahwa beberapa organisasi mulai memberikan perhatian lebih terhadap rekomendasi dari komunitas ilmiah, dan ia berharap tren ini akan terus berlanjut.

“Langkah selanjutnya yang perlu mereka ambil adalah melampaui hal-hal umum dan lebih spesifik tentang bagaimana mereka akan menerapkan praktik terbaik, termasuk membuat komitmen jangka panjang dan fokus pada pengumpulan data untuk mendukung apa rencana mereka," kata Holl. 

Dengan memperdalam fokus mereka pada peningkatan praktik, organisasi penanaman pohon dan pendukungnya akan memiliki peluang terbaik untuk mencapai dampak positif dan menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan.