Lampu Merah Iklim: Bumi Mendekati Batas Aman Suhu 1,5C

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Kamis, 21 Maret 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Dunia kini hampir melanggar batas pemanasan global sebesar 1,5 derajat Celcius, meskipun hanya untuk sementara, demikian peringatan badan cuaca PBB.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengkonfirmasi pada Selasa, 19 Maret 2024, bahwa tahun 2023 adalah tahun terpanas yang pernah tercatat dengan selisih yang jelas. Dalam sebuah laporan mengenai iklim, mereka menemukan bahwa rekor “sekali lagi dipecahkan, dan dalam beberapa kasus dipecahkan” untuk indikator-indikator utama seperti polusi gas rumah kaca, suhu permukaan, panas dan pengasaman laut, kenaikan permukaan laut, pencairan lapisan es laut Antartika dan penyusutan gletser. 

Sekretaris Jenderal WMO, Andrea Celeste Saulo, mengatakan organisasinya kini “menyuarakan lampu merah kepada dunia”.

Laporan tersebut menemukan suhu di dekat permukaan bumi tahun lalu 1,45C lebih tinggi dibandingkan pada akhir 1800-an, ketika manusia mulai merusak alam dalam skala industri dan membakar sejumlah besar batu bara, minyak, dan gas.

Gelombang panas ekstrem di Eropa pada 2022 memicu kebakaran lahan, termasuk Prancis. Fenomena ini kembali terjadi pada 2023, dengan suhu yang memecahkan rekor. Dok European Space Agency

Menurut WMO, margin kesalahan sebesar 0,12C dalam perkiraan suhu cukup besar sehingga bumi mungkin sudah memanas sebesar 1,5C. Namun hal ini tidak berarti para pemimpin dunia mengingkari janji yang mereka buat dalam Perjanjian Paris untuk menghentikan pemanasan global ke tingkat tersebut pada akhir abad ini, para ilmuwan memperingatkan. Ini karena mereka mengukur pemanasan global menggunakan rata-rata 30 tahun dan bukan menghitung lonjakan dalam satu tahun.

Laporan tersebut mendokumentasikan cuaca ekstrem yang parah – terutama panas – di setiap benua yang berpenghuni. WMO mencatat, beberapa peristiwa cuaca menjadi lebih kuat atau lebih mungkin terjadi karena perubahan iklim. 

Friederike Otto, ilmuwan iklim di Imperial College London mengatakan: “Jika kita tidak berhenti menggunakan bahan bakar fosil, iklim akan terus memanas, membuat kehidupan semakin berbahaya, semakin tidak dapat diprediksi, dan semakin mahal bagi miliaran orang di bumi,” kata Otto. 

Para ilmuwan iklim berbeda pendapat mengenai apakah suhu ekstrem yang terjadi pada awal 2024 merupakan percepatan krisis iklim yang tidak terduga. Beberapa indikator, seperti suhu permukaan laut, ternyata berada pada tingkat yang sangat tinggi di luar dugaan – bahkan menyebabkan kembalinya pola cuaca El Niño yang menyebabkan pemanasan laut – sementara peristiwa cuaca lainnya telah mencapai tingkat ekstrem yang jarang terjadi dalam waktu yang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Di sisi lain WMO menemukan “secercah harapan” dalam pertumbuhan energi terbarukan. Jumlah penambahan kapasitas energi terbarukan pada 2023 hampir 50% lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya, menurut laporan tersebut, sehingga menjadikannya tingkat tertinggi dalam dua dekade terakhir.

Simon Lewis, profesor ilmu perubahan global di University College London, mengatakan keadaan iklim adalah “krisis yang semakin cepat” bagi umat manusia. 

“Sayangnya, hal ini hanyalah permulaan dari dampak yang jauh lebih buruk di masa depan, mengingat emisi karbon masih terus meningkat dan masih terdapat investasi besar-besaran dalam ekstraksi bahan bakar fosil,” kata Lewis. 

Laporan tersebut menemukan bahwa gelombang panas laut rata-rata menghanguskan sepertiga lautan dunia pada 2023, sehingga merugikan ekosistem penting dan sistem pangan. Pada akhir tahun tersebut, hanya 10% lautan yang berhasil lolos dari kondisi gelombang panas.

Perubahan iklim juga memperburuk kejadian cuaca ekstrem yang membuat masyarakat kelaparan dan memaksa mereka meninggalkan rumah, meskipun hal tersebut bukan merupakan faktor utama penderitaan mereka. Jumlah orang yang mengalami kerawanan pangan “akut” meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2019 menjadi 333 juta orang pada 2023, menurut laporan tersebut, terkonsentrasi di Afrika dan Asia Selatan.