Ironi Pangan: Satu Miliar Ton Terbuang, Ratusan Juta Kelaparan

Penulis : Kennial Laia

Lingkungan

Minggu, 31 Maret 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Lebih dari satu miliar ton makanan dibuang setiap tahun, baik di negara-negara miskin maupun kaya. Tapi pada saat yang sama lebih dari 730 juta orang hidup dalam kelaparan di seluruh dunia.

Menurut laporan Indeks Limbah Makanan PBB, sekitar seperlima makanan terbuang, terkadang karena pemborosan atau perencanaan yang buruk, terkadang karena kurangnya akses terhadap pendingin atau penyimpanan. Laporan tersebut diterbitkan pada Rabu, dengan kerugian global sekitar $1 triliun per tahun. 

Rumah tangga bertanggung jawab atas sebagian besar sampah makanan di dunia – sekitar 60% dari 1 miliar ton makanan dibuang setiap tahunnya. Namun sistem pangan komersial juga merupakan kontributor besar: jasa makanan menyumbang 28% limbah, dan ritel menyumbang sekitar 12% pada 2022, menurut data terbaru.

Angka-angka ini tidak termasuk tambahan 13% pangan yang hilang dalam rantai pasokan pangan, antara panen dan pasar, yang sering kali disebabkan oleh penolakan atau pembusukan pangan yang dapat dimakan.

Ilustrasi sampah makanan. Foto: Shutterstock.com

Limbah ini tidak hanya menyia-nyiakan sumber daya alam, namun juga merupakan kontributor besar terhadap krisis iklim dan keanekaragaman hayati, yang menyumbang hampir 10% emisi gas rumah kaca global dan menggusur satwa liar dari pertanian intensif, karena lebih dari seperempat lahan pertanian dunia digunakan untuk produksi pangan yang kemudian terbuang sia-sia. 

Inger Andersen, Direktur Eksekutif Program Lingkungan PBB, yang menulis laporan tersebut bersama dengan Program Aksi Limbah dan Sumber Daya (Wrap) di Inggris, menggambarkan limbah makanan sebagai “tragedi global”, dan membandingkannya dengan fakta bahwa sepertiga dari masyarakat menghadapi kerawanan pangan, dan tidak yakin dari mana sumber makanan mereka di masa depan.

Sepertiga masyarakat menghadapi kerawanan pangan, dan tidak yakin dari mana sumber makanan mereka di masa depan.

“Saat ini jutaan orang kelaparan karena makanan terbuang sia-sia di seluruh dunia. Hal ini tidak hanya merupakan masalah pembangunan yang besar, namun dampak dari limbah yang tidak perlu juga menyebabkan kerugian besar terhadap iklim dan alam,” kata Andersen, Kamis, 28 Maret 2024. 

Laporan tersebut mencatat, hanya sedikit negara yang memiliki rencana untuk mengurangi limbah makanan dan sebagian besar negara gagal memasukkannya ke dalam proposal pengurangan emisi karbon mereka.

PBB kini memiliki data yang dapat dipercaya dari lebih dari 100 negara, yang memungkinkan para peneliti untuk mengatakan dengan pasti bahwa limbah makanan adalah masalah global, yang menimpa negara-negara berkembang dan juga negara-negara kaya yang boros. 

Menurut badan tersebut, tampaknya lebih banyak makanan yang dibuang di negara-negara panas. Hal ini mungkin mencerminkan waktu yang lebih singkat bagi makanan untuk membusuk pada suhu yang lebih tinggi, kurangnya akses terhadap pendingin, dan tingginya konsumsi makanan segar dengan bagian-bagian yang lebih banyak yang tidak dapat dimakan.

Ada lebih banyak makanan yang dibuang di negara-negara panas. Rumah tangga miskin cenderung membuang makanan dengan jumlah yang tidak jauh lebih rendah dibandingkan rumah tangga kaya.

Rumah tangga yang lebih miskin juga cenderung membuang makanan dengan jumlah yang tidak jauh lebih rendah dibandingkan rumah tangga yang berpendapatan lebih tinggi. Mereka rata-rata bertanggung jawab atas sekitar 7 kilogram sampah per orang kurang dari setahun dibandingkan rumah tangga yang lebih kaya. Hal ini mungkin disebabkan oleh banyak faktor, termasuk kurangnya akses terhadap pendingin dan penyimpanan yang memadai, ketergantungan pada makanan berkualitas rendah, dan kurangnya waktu untuk membuat makanan bergizi.

Harriet Lamb, CEO Wrap, menyerukan negara-negara untuk mengambil aksi. “Kita memerlukan tindakan terkoordinasi yang lebih besar di seluruh benua dan rantai pasokan. Baik itu kegiatan filantropis, bisnis, atau pemerintahan, para pelaku harus mendukung program-program yang mengatasi dampak besar pemborosan makanan terhadap ketahanan pangan, iklim, dan dompet kita,” ujarnya. 

Di seluruh dunia, sekitar 79 kilogram makanan terbuang per orang setiap tahunnya. Namun di beberapa negara, termasuk Inggris, Australia, Indonesia, Meksiko dan Afrika Selatan, limbah makanan telah berkurang secara signifikan sejak tahun 2007. Sementara itu Jepang telah mengurangi limbah makanannya hampir sepertiganya, dan Inggris telah mengurangi sekitar 18%.

Di seluruh dunia, sekitar 79 kilogram makanan terbuang per orang setiap tahun. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, limbah makanan telah berkurang secara signifikan sejak tahun 2007.

Lisa Moon, CEO Global FoodBanking Network, meminta pengecer dan produsen makanan untuk bekerja lebih erat dengan bank makanan untuk mengurangi limbah dan mengatasi krisis kelaparan dan biaya hidup.

“Bank pangan merupakan model yang penting dan unik dalam mengurangi kehilangan dan pemborosan pangan, karena bank pangan tidak hanya bekerja sama dengan pertanian, produsen, pengecer, dan layanan pangan untuk menyelamatkan pangan sehat, namun mereka juga memastikan bahwa pangan sampai ke tangan orang yang menghadapi kerawanan pangan,” kata Moon. 

“Kita harus terus berinvestasi dalam solusi berbasis masyarakat, serta memajukan kebijakan limbah makanan yang lebih kuat untuk membangun sistem pangan yang menyehatkan manusia dan planet bumi,” ujarnya.