Separuh Industri Bertanggung Jawab Atas Duapertiga Emisi Global

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Minggu, 07 April 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa hanya 57 persen produsen minyak, gas, batu bara, dan semen yang secara langsung terkait dengan 80% emisi gas rumah kaca dunia sejak perjanjian iklim Paris tahun 2016.

Kelompok kuat yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang dikendalikan negara dan perusahaan multinasional yang dimiliki oleh pemegang saham ini, menurut Carbon Majors Database yang disusun oleh para peneliti terkemuka di dunia, adalah pendorong utama krisis iklim.

Meskipun negara-negara di Paris berjanji untuk mengurangi gas rumah kaca, analisis tersebut mengungkapkan bahwa sebagian besar produsen besar meningkatkan produksi bahan bakar fosil dan emisi terkait dalam tujuh tahun setelah perjanjian iklim tersebut, dibandingkan dengan tujuh tahun sebelumnya.

Dalam database 122 negara pencemar iklim terbesar dalam sejarah dunia, para peneliti menemukan bahwa 65% lembaga negara dan 55% perusahaan sektor swasta telah meningkatkan produksinya.

Pembangkit Listrik Tenaga Batubara Scherer berdiri di kejauhan di Juliette, Ga, pada 3 Juni 2017. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Climactic Change pada Selasa, 12 Juli 2022, menghitung berapa banyak kerugian terkait iklim yang dimiliki negara-negara kaya. menyebabkan negara-negara miskin melalui emisi karbon mereka./Foto AP/Kamp Branden

Selama periode ini, penyumbang emisi terbesar milik investor adalah ExxonMobil Amerika Serikat, yang menghasilkan 3,6 gigaton CO2 selama tujuh tahun, atau 1,4% dari total emisi global. Di belakangnya adalah Shell, BP, Chevron dan TotalEnergies, yang masing-masing menyumbang setidaknya 1% emisi global.

Namun, tren yang paling mencolok adalah melonjaknya pertumbuhan emisi yang terkait dengan negara dan produsen milik negara, khususnya di sektor batubara Asia.

Entitas penyumbang emisi karbon 1940 - 2022

Ekspansi ini, yang terus berlanjut sejak saat itu, bertentangan dengan peringatan keras Badan Energi Internasional (IEA) bahwa tidak ada ladang minyak dan gas baru yang bisa dibuka jika dunia ingin tetap berada dalam batas aman pemanasan global. Para ilmuwan iklim mengatakan suhu global dengan cepat mendekati target Paris yang lebih rendah yaitu 1,5C di atas era pra-industri, dan berpotensi menimbulkan konsekuensi mengerikan bagi manusia dan alam.

“Secara moral tercela jika perusahaan terus memperluas eksplorasi dan produksi bahan bakar karbon di tengah pengetahuan selama beberapa dekade bahwa produk mereka berbahaya,” kata Richard Heede, yang menyusun kumpulan data Carbon Majors pada tahun 2013, Kamis, 4 April 2024. 

“Jangan salahkan konsumen yang terpaksa bergantung pada minyak dan gas karena dikuasai oleh perusahaan minyak dan gas oleh pemerintah,” ujarnya.

Penelitian Carbon Majors telah membantu mengubah narasi mengenai tanggung jawab terhadap krisis iklim dengan membagi emisi kepada pihak-pihak yang memperoleh keuntungan dari penggunaan bahan bakar fosil, dibandingkan kepada pihak-pihak yang kemudian membakar dan membuangnya dalam bentuk emisi. 

Basis data tersebut kini telah diperbarui dan diluncurkan kembali pada hari Kamis, 4 April 2024, di situs web akses publik khusus, yang dihosting oleh InfluenceMap.

Laporan ini mencakup perbandingan yang mencolok antara tren emisi jangka panjang sejak 1854, dan perkembangan terkini sejak kesepakatan Paris pada 2016.

Penyumbang emisi karbon terbesar 1854 - 2022

Catatan sejarah mencakup 122 entitas yang terkait dengan 72% dari seluruh emisi CO2 bahan bakar fosil dan semen sejak dimulainya revolusi industri, yang berjumlah 1.421 gigaton.

Dalam analisis jangka panjang ini, produksi batubara negara Tiongkok menyumbang 14% dari total emisi CO2 global, yang merupakan kontribusi terbesar sejauh ini dalam database. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat proporsi negara bekas Uni Soviet, yang berada di peringkat kedua, dan lebih dari tiga kali lipat dibandingkan Saudi Aramco, yang berada di peringkat ketiga.

Berikutnya adalah perusahaan-perusahaan besar Amerika – Chevron (3%) dan ExxonMobil (2,8%), diikuti oleh Gazprom dari Rusia dan Perusahaan Minyak Nasional Iran. Setelah itu ada dua perusahaan Eropa yang dimiliki oleh investor: BP dan Shell (masing-masing memiliki lebih dari 2%) dan kemudian Coal India.

Kebangkitan Asia di abad ke-21 menjadi nyata ketika catatan sejarah dibandingkan dengan data 2016-2022. Dalam periode terakhir ini, pangsa batubara Tiongkok melonjak hingga lebih dari seperempat emisi CO2, sementara Saudi Aramco meningkat hingga hampir 5%. 10 besar di era modern ini didominasi oleh entitas negara China dan Rusia serta diisi oleh India dan Iran. Kapitalisme Barat baru muncul di peringkat ke-11 ExxonMobil dengan 1,4%, setengah dari rata-rata historisnya.

Namun gambarannya mungkin berubah lagi di masa depan. Amerika Serikat sejauh ini merupakan produsen minyak dan gas terbesar di dunia meskipun operasinya terfragmentasi di antara banyak perusahaan yang berbeda dan bukan di satu negara raksasa. Presiden Biden telah memberikan izin untuk beberapa proyek eksplorasi baru. Negara-negara Teluk juga berencana untuk meningkatkan produksi mereka.

ExxonMobil, Chevron, BP, dan Shell semuanya memiliki target emisi nol bersih, meskipun definisi mereka mengenai tujuan tersebut dan metode untuk mencapainya berbeda-beda. Banyak perusahaan dalam daftar telah melakukan investasi pada energi terbarukan.

Daan Van Acker, manajer program di InfluenceMap, mengatakan banyak entitas dalam database Carbon Majors bergerak ke arah yang salah dalam hal stabilitas iklim.

“Analisis baru InfluenceMap menunjukkan bahwa kelompok ini tidak memperlambat produksi, dengan sebagian besar entitas meningkatkan produksi setelah perjanjian Paris. Penelitian ini memberikan kaitan penting dalam meminta pertanggungjawaban raksasa energi ini atas konsekuensi dari aktivitas mereka.”

Heede berargumen bahwa produsen bahan bakar fosil mempunyai kewajiban moral untuk membayar kerugian yang mereka timbulkan dan diperparah melalui taktik penundaan mereka. Dia mengutip usulan yang dibuat oleh Mia Mottley, perdana menteri Barbados, agar perusahaan minyak dan gas menyumbang setidaknya 10 sen dalam setiap dolar untuk dana kerugian dan kerusakan.