100-an Spesies Jahe-jahean Terancam Punah oleh Konversi Lahan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Jumat, 31 Mei 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, tetapi menghadapi situasi kritis. Situasi kritis itu di antaranya dihadapi lebih dari 100 spesies zingiberaceae, yang berpotensi sebagai tanaman obat, namun terancam punah.

Ancaman kepunahan spesies yang mengkhawatirkan ini terutama disebabkan oleh hilangnya habitat akibat penebangan dan konversi lahan. Sehingga, potensi pemanfaatannya secara tradisional dan modern pun terancam.

Peneliti Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Muhammad Bima Atmaja, menjelaskan zingiberaceae merupakan famili terbesar dalam ordo zingiberales, yang banyak ditemukan di daerah tropis. Kawasan Asia Tenggara dan Amerika Selatan memiliki keanekaragaman spesies tertinggi.

"Indonesia, merupakan rumah bagi sekitar 500 spesies zingiberaceae dari total 1.500 spesies global. Di mana zingiberaceae memainkan peran penting dalam konservasi keluarga tumbuhan ini," kata Bima, dalam sebuah rilis, Kamis (30/5/2024).

Peneliti BRIN menyebut lebih dari 100 spesies zingiberaceae (jahe-jahean) di Indonesia, yang berpotensi sebagai tanaman obat, sedang terancam punah. Foto: BRIN.

Menurut Bima, zingiberaceae liar adalah sumber plasma nutfah potensial. Namun sayangnya, diperkirakan hanya sekitar 40-50 spesies zingiberaceae yang telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Bima melanjutkan, studi yang dilakukan bersama beberapa periset BRIN lainnya, tercatat 8 dari 23 marga zingiberaceae di Indonesia yang terancam punah tersebut ternyata memiliki manfaat yang besar.

Ia menyebut, pemanfaatan spesies zingiberaceae Indonesia secara tradisional sebagai tanaman obat telah didokumentasikan melalui studi etnobotani dan farmakologi. Hal tersebut ia tuangkan ke dalam artikel ilmiah yang disusun bersama kawan-kawan berjudul "Indonesian threatened Zingiberaceae: Exploring their potential traditional and modern uses".

"Spesies ini memiliki potensi dalam penemuan obat-obatan modern, dengan berbagai aktivitas biologis dan farmakologis. Di antaranya seperti antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, antikanker, dan sifat anthelmintik," ucap Bima.

Bima menerangkan, senyawa dengan aktivitas antioksidan tinggi, seperti senyawa fenolik dan 6-gingerol, telah diidentifikasi dalam Zingiber officinale Roscoe atau yang biasa dikenal dengan jahe. Meskipun potensi yang dimiliki spesies zingiberaceae terancam punah ini sangat besar, sedangkan upaya konservasinya di Indonesia saat ini masih terbatas.

"Yang mengejutkan, berdasarkan data dari database Makoyana yang dikelola BRIN, bahwa tidak lebih dari 10% spesies terancam punah ini dikonservasi di kebun raya Indonesia. Hal ini tentu menjadi kebutuhan mendesak dalam meningkatkan tindakan konservasi sebagai upaya melindungi tumbuhan berharga dari kepunahan," ujarnya.

Bima menuturkan, untuk mengatasi masalah mendesak ini, para ahli perlu menekankan pentingnya pelestarian kekayaan keanekaragaman hayati zingiberaceae. Upaya konservasi harus mencakup pelestarian habitat, praktik pengelolaan lahan berkelanjutan, dan penetapan kawasan lindung.

Selain itu, bioprospeksi atau penggalian potensi manfaat spesies zingiberaceae juga menjadi kunci untuk meningkatkan perhatian terhadap konservasi spesies ini.

"Kolaborasi antara lembaga pemerintah, organisasi konservasi, dan masyarakat lokal, didukung dengan peran pemangku kepentingan lainnya sangat penting dalam menjamin kelangsungan hidup spesies yang terancam ini," tuturnya.

Bima berpendapat, hilangnya spesies zingiberaceae tidak hanya menimbulkan ancaman terhadap lingkungan, tetapi juga berdampak pada praktik pengobatan tradisional dan upaya penemuan obat modern. Pelestarian spesies ini, katanya, menjamin ketersediaan sumber daya obat, mendukung pelestarian pengetahuan adat, dan mendorong pengembangan pengobatan alternatif maupun modern untuk berbagai kondisi kesehatan.

Secara ringkas, imbuh Bima, zingiberaceae Indonesia memiliki keragaman spesies dan endemisitas yang tinggi, sekaligus menyimpan potensi obat yang luar biasa. Di sisi lain, zingiberaceae Indonesia juga menghadapi ancaman kepunahan yang tinggi, namun spesiesnya yang sudah terkonservasi masih sangat terbatas.

"Karenanya, diperlukan tindakan segera untuk melindungi spesies zingiberaceae yang terancam di Indonesia. Dengan menjaga tumbuhan unik ini, kita berkontribusi terhadap pelestarian warisan alam dan memastikan masa depan yang berkelanjutan untuk generasi mendatang," ujarnya.

Peneliti Pusat Riset Botani Terapan BRIN, Putri Sri Andila, menambahkan, menurut ahli taksonomi Axel Dalberg Poulsen dari Royal Botanic Garden Edinburgh, wilayah Wallacea, Kalimantan, dan Sumatra merupakan salah satu pusat keanekaragaman zingiberaceae liar di Indonesia, dan sebagian besar merupakan spesies endemik. Namun, lebih dari 100 spesies zingiberaceae di Indonesia terancam punah akibat konversi hutan dan penggundulan hutan yang merupakan habitat spesies tersebut.