Gajah Ditemukan Mati tanpa Gading di Bireuen, Aceh

Penulis : Redaksi Betahita

Konservasi

Sabtu, 29 Desember 2018

Editor : Redaksi Betahita

Betahita.id – Seekor gajah jantan ditemukan mati di kawasan Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Temuan tersebut menambah deretan panjang tewasnya hewan dilindungi itu di Aceh.

Baca juga:  Setelah 12 Hari Dirawat, Gajah Terjerat Ini Mati

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sapto Aji Prabowo mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan olah TKP dan nekropsi (bedah bangkai) terhadap bangkai gajah liar yang sering dipanggil Si Bongkok itu. “Dilakukan oleh tim dokter dan BKSDA Aceh bersama aparat Polres Bener Meriah dan Polres Bireuen,” katanya, Jumat, 28 Desember 2018.

Menurut Sapto, gajah tersebut diperkirakan sudah mati 15 hari. Warga menemukan bangkainya Kamis dan melaporkan ke pihak berwajib. BKSDA langsung menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan bangkai gajah.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh telah memasang GPS Collar dan mengamputasi ekor Gajah Gunung Biram Aceh pada Kamis, 29 November 2018. Kredit: BKSDA Aceh

Empat bulan lalu, gajah jantan berusia sekitar 40 tahun tersebut pernah diobati tim dokter BKSDA Aceh dan FKH Unsyiah karena menderita luka di selakangan dan bawah ekor. Luka disebabkan karena perkelahian dengan gajah liar lain. Gajah itu kemudian digelari Si Bongkok.

Hasil pemeriksaan sementara dilaporkan, kondisi gading hilang sama sekali tanpa sisa. Pengambilan gading seperti ini, kata Sapto, hanya mungkin dilakukan terhadap bangkai gajah yang sudah membusuk, cukup dilakukan dengan menggoyang dan menarik gading dari tengkorak. “Sehingga diduga dilakukan orang yang lewat dan melihat ada kesempatan,” katanya.

Berdasarkan diagnosa awal, penyebab kematian dari hasil nekropsi yang dilakukan tim dokter adalah karena infeksi sekunder dari luka yang diderita, baik luka terbuka maupun fraktur di kaki belakang kiri, atau bisa juga karena toxicosis. “Kepastian penyebab kematian akan didapatkan dari hasil uji labfor terhadap sampel organ dalam dan sisa makanan yang diambil dari bangkai,” katanya.

BKSDA telah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Aceh maupun Polres Bener Meriah dan  Polres Bireun untuk tindak lanjut penyelidikan kematian dan hilangnya gading gajah. Dari data yang disampaikan BKSDA, sepanjang tahun 2018, sebanyak 11 gajah ditemukan mati di Aceh, tiga di antaranya adalah gajah jinak.

TERAS.ID | TEMPO.CO