3 Orangutan Dilepasliarkan di Taman Nasional Katingan

Penulis : Redaksi Betahita

Biodiversitas

Kamis, 20 Februari 2020

Editor : Redaksi Betahita

 Betahita.id – Tiga individu orangutan dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Senin, 17 Februari 2020.

Ketiga orangutan ini terdiri atas Batola, jantan berumur 17 tahun, sementara 2 lainnya Paduran umur 12 tahun dan Unyu umur 6 tahun adalah betina.

Sebelum dilepasliarkan, orangutan ini melakukan perjalanan melalui darat maupun air hingga sampai ke lokasi habitatnya dengan waktu  tempuh sekitar 15 jam. “Sebelumnya 3 individu orangutan ini telah menjalani proses rehabilitasi bertahun-tahun di Nyaru Menteng,” kata CEO Yayasan BOS, Jamartin Sihite, Kamis 20 Februari 2020.

Pelepasliaran 3 orangutan di TNBBBR, Katingan, 17 Februari 2020. (Dok. BOS)

Dalam proses rahabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya, terlebih dulu individu orangutan  melewati beberapa tahapan di antaranya mengikuti sekolah hutan.

“Proses rehabilitasil tersebut dimulai dari sekolah hutan sampai pra-pelepasliaran,” katanya.

Seluruh Individu orangutan yang dlepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan telah melalui semua tahapan proses tersebut.

“Semua yang dilepasliarkan di Taman Nasional itu, telah siap untuk hidup secara liar tanpa campur tangan manusia,” katanya.

Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya (TNBBBR) Agung Nugroho mengatakan bahwa kawasan TNBBBR sudah dinyatakan memenuhi syarat sebagai tempat pelepasliaran orangutan yang sudah menjalani rehabilitasi.

“TNBBBR memiliki ketersediaan jenis tumbuhan pakan, ketinggian dari permukaan laut, minim keberadaan orangutan liar, daya tampung, serta jauh dari akses aktivitas manusia,” kata Agung seperti dikutip ANTARA.

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indra Eksploitasia berharap pelepasliaran tiga orangutan ke TNBBBR bisa meningkatkan populasi orangutan di alam. Ia juga menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam upaya pelestarian orangutan.

Sejak tahun 2016 sampai sekarang  sudah 171 orangutan yang dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, yang berada di perbatasan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah.

BORNEONEWS.CO.ID | TERAS.ID