Aktivis Remaja Greta Thunberg Terinfeksi Virus Corona

Penulis : Redaksi Betahita

Lingkungan

Kamis, 26 Maret 2020

Editor : Redaksi Betahita

BETAHITA.ID -  Greta Thunberg, aktivis lingkungan dari Swedia, mengatakan kemungkinan besar dia telah terinfeksi virus corona, penyebab Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. Hal itu disampaikan Greta melalui akun Instagram pribadinya, Selasa, 24 Maret 2020.

Greta mengatakan, dia mengisolasi diri selama dua minggu di rumah setelah kembali dari Eropa Tengah bersama ayahnya. Aktivis muda tersebut merasakan beberapa gejala Covid-19, seperti kelelahan, menggigil, serta batuk dan sakit tenggorokan. Hal yang sama dialami sang ayah, dengan gejala yang lebih intens dan demam.

Baca Juga: Tolak Kusala Iklim, Greta Thunberg: Gerakan Iklim Tidak Butuh Penghargaan

“Walau saya tidak mengambil tes Covid-19, kemungkinan besar saya telah terinfeksi. Menimbang kombinasi dari gejala dan sejarah perjalanan saya,” tulis Greta. Dia menambahkan saat ini kondisinya telah membaik.

Aktivis perubahan iklim asal Swedia Greta Thunberg. Foto: Akun Instagram pribadi @gretathunberg

Greta menulis, sesuai kebijakan pemerintah Swedia, dia tidak dapat mengambil tes Covid-19. Negara tersebut hanya menyediakan tes jika penderita dalam kondisi medis darurat.

Greta, yang memulai gerakan global tentang krisis iklim  di kalangan anak muda, mendorong agar anak muda waspada terhadap virus itu, walaupun hanya memiliki gejala ringan.

“Sebagai anak muda yang tidak masuk kelompok berisiko, kita memiliki tanggung jawab besar. Tindakan kita bisa membawa dampak antara hidup dan mati bagi orang lain,” katanya.