Kebakaran Hutan dan Lahan Terjadi di Taman Nasional Way Kambas

Penulis : Kennial Laia

Karhutla

Senin, 13 April 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di kawasan Taman Nasional Way Kambas, Lampung, Minggu, 12 April 2020. 

Yayasan Auriga, melalui akun media sosial Instagram, mengatakan timnya mendeteksi api sejak jam 11 siang. Lokasi api di sekitar Simpang Parmin, sekitar 1 kilometer dari selatan Rawa Kadut. Rawa Kadut merupakan area restorasi Auriga bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Way Kambas. 

Menurut Auriga, api tetap membara hingga tengah malam. Karena keterbatasan sumber daya, tim lapangan organisasi tersebut memutuskan berjaga di batas luar area restorasi, untuk mengantisipasi bila api menjalar ke dalam area restorasi mereka. 

Api kemudian padam pada dini hari, 13 April 2020 karena turun hujan. 

Kebakaran terjadi sejak jam 11 siang hingga tengah malam di kawasan Taman Nasional Way Kambas, Minggu, 12 April 2020. Foto: Istimewa.

Tim lapangan Auriga mengaku telah melaporkan kejadian tersebut ke balai taman nasional. 

Kepala Balai TN Way Kambas Subakir mengatakan, pihaknya telah mengirim tim untuk memeriksa area kebakaran. Hingga saat ini, penyebab kebakaran dan luas areal terbakar belum diketahui.  "Hingga saat ini belum ada laporan dari tim lapangan," kata Subakir kepada Betahita, Senin, 13 April 2020.