Wabah Corona Mengajarkan Pentingnya Menekan Polusi Udara

Penulis :

Lingkungan

Senin, 20 April 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Wabah virus corona yang mengerikan itu, ternyata berdampak positif bagi lingkungan. Ketika jutaan orang di seluruh dunia memarkir mobil mereka dan tinggal di rumah, polusi udara menurun secara dramatis.

Kota-kota yang polutif dengan asap kendaraan, melaporkan kualitas udaranya membaik. Sejak perintah penutupan Inggris mulai berlaku 23 Maret, kualitas udara di sana telah meningkat secara eksponensial. Tingkat nitrogen dioksida (NO2) turun 60 persen di beberapa tempat di Inggris, selama periode yang sama tahun lalu. Bahkan polusi udara di kota-kota seperti London dan Glasgow turun hingga setengahnya, menurut BBC.

The Guardian, melaporkan polusi partikel kecil mengalami penurunan terbesar di London, Birmingham, Bristol dan Cardiff, diikuti oleh Manchester, York dan Belfast; Glasgow dan Newcastle. Para ilmuwan meyakini bahwa level-level itu akan turun lebih jauh ketika angin berubah, karena angin timur saat ini membawa polusi tambahan dari benua Eropa ke Inggris.

"Udara jelas jauh lebih sehat," kata James Lee dari York University, yang menganalisis data, mengatakan kepada Guardian. "[Partikel kecil dan NO2] adalah dua polutan udara yang memiliki dampak kesehatan terbesar pada manusia."

Gunung Himalaya terlihat dari jarak 200km di India untuk pertama kalinya dalam 30 tahun pada 4 April 2020, bersamaan dengan lockdown di India yang menurunkan tingkat polusi udara. (ANTARA/Twitter/@khawajaks)

Polusi di Amerika Serikat juga berkurang: Curbed melaporkan bahwa Los Angeles baru-baru ini memiliki udara bersih terpanjang sejak 1980. Dan peta dari Descartes Labs menunjukkan bahwa kualitas udara juga meningkat di kota-kota AS lainnya, Fast Company melaporkan.

Penduduk di dekat Himalaya India utara terlihat untuk pertama kalinya dalam 30 tahun dari 200 kilometer jauhnya, dan di Italia, tingkat polusi telah berubah secara dramatis sehingga perbedaannya dapat dilihat dari luar angkasa.

Menurut data yang dikumpulkan dari satelit Copernicus Sentinel-5P, telah ada penurunan polusi udara yang terlihat di Italia sejak Januari. Badan Antariksa Eropa mengumumkan pada pertengahan Maret, Italia bagian utara menunjukkan penurunan konsentrasi nitrogen dioksida -- wilayah yang dikarantina beberapa hari sebelumnya.

"Meskipun mungkin ada sedikit variasi dalam data karena tutupan awan dan perubahan cuaca, kami sangat yakin bahwa pengurangan konsentrasi yang dapat kami  lihat, bertepatan dengan penguncian di Italia yang menyebabkan lebih sedikit lalu lintas dan kegiatan industri," kata ESP Copernicus Sentinel- Manajer misi 5P, Claus Zehner.

Di Cina, polusi juga menurun secara substansial, karena karantina virus corona, saat Tahun Baru Cina, dan perlambatan ekonomi, menurut NASA Earth pada unggahan Tweeter pada 4 Maret.

Menurut peta polusi NASA, level NO2 pertama kali turun di dekat Wuhan, sebuah tren yang berlanjut ketika karantina wilayah terjadi, "Ini adalah pertama kalinya saya melihat penurunan dramatis di area seluas itu untuk kejadian tertentu," kata peneliti kualitas udara Fei Liu kepada Kasha Patel dari NASA Earth Observatory.

"Tahun ini, tingkat pengurangan lebih signifikan daripada tahun-tahun sebelumnya dan itu telah berlangsung lebih lama."

Kualitas Udara Berhubungan dengan Kematian pada Covid-19

Polusi udara adalah salah satu faktor yang diduga meningkatkan kematian pada kasus Covid-19, menurut penelitian terbaru. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan minggu ini, para peneliti dari Universitas Harvard menyoroti hubungan antara menghirup udara yang tercemar dalam jangka panjang dan tertular virus.

"Hasil dari makalah ini menunjukkan bahwa paparan jangka panjang terhadap polusi udara meningkatkan kerentanan untuk mengalami hasil Covid-19 yang paling parah," catat para penulis penelitian.

"Tidak ada hikmah bagi situasi Covid-19," kata Lee University York kepada Guardian, "Tapi saya pikir itu menunjukkan bahwa manusia dapat benar-benar mencapai banyak hal tanpa bepergian. Ini menunjukkan bahwa jika kita bekerja dari rumah lebih banyak di waktu normal, maka kita akan memiliki efek pada polusi udara.”

Beberapa aktivis lingkungan berharap fenomena penurunan polusi mengarah pada perubahan permanen. "Melihat penurunan polusi udara ini menunjukkan bahwa lebih sedikit lalu lintas dapat dengan cepat mengarah ke udara yang lebih bersih," kata juru kampanye udara bersih Friends of the Earth, Jenny Bates, kepada BBC

TEMPO.CO | TERAS.ID