Jumat Ini Hari Keanekaragaman Hayati: Solusi Kita Ada di Alam

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Jumat, 22 Mei 2020

Editor : Y. Y. Akhmadi

BETAHITA.ID - Hari ini, Jumat, 22 Mei 2020, diperingati sebagai Hari Keanekaragaman Hayati Internasional. Peringatan ini untuk menciptakan serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan masalah keanekaragaman hayati.

Hari Keanekaragaman Hayati Dunia dimulai di Majelis Umum PBB pada tahun 1993. PBB mengadopsi 22 Mei sebagai Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati untuk memperingati adopsi teks Konvensi pada 22 Mei 1992.

Untuk tahun ini, tema Hari Keanekaragaman Hayati 2020 adalah "solusi kita ada di alam."

PBB mengakui bahwa terlepas dari semua kemajuan teknologi, umat manusia sepenuhnya bergantung pada ekosistem yang sehat dan bersemangat untuk air, makanan, obat-obatan, dan hal-hal penting lainnya. Tema tersebut menekankan pada harapan, solidaritas dan pentingnya bekerja bersama di semua tingkatan untuk membangun masa depan yang selaras dengan alam.

Poster Hari Keanekaragaman Hayati 2020 (twitter@moefcc)

Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman organisme hidup yang ada di Bumi. Ini termasuk setidaknya 8 juta spesies dan berbagai ekosistem yang berbaur dan hidup bersama.

Istilah keanekaragaman hayati atau biodiversity pertama kali digunakan oleh Walter Rosen dari National Research Council pada tahun 1985 untuk menunjukkan keragaman kehidupan dan semua interaksinya. Karena bentuk kehidupan sangat saling terkait, sebagai contoh jika satu spesies punah, dapat berefek menghancurkan bagi spesies lain.

FIRSTPOST.COM