New Normal Corona, Pemulihan Ekosistem di TN Matalewa Berlanjut

Penulis : Betahita.id

Ekosistem

Senin, 08 Juni 2020

Editor : Y. Y. Akhmadi

BETAHITA.ID - Di tengah pandemi corona, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melanjutkan program Pemulihan Ekosistem (PE) di Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa), yang telah memasuki tahun kedua.

Pendampingan dan pengawasan terus dilakukan oleh petugas di tingkat tapak untuk memastikan tanaman dapat tumbuh dengan baik sesuai target yang telah ditetapkan.

Salah satunya adalah lokasi PE di site Tanamodu yang terletak di Resort Taman Mas, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, Waibakul, Sumba Timur, NTT.

Walaupun terdapat pos-pos pemeriksaan terkait pelaksanaan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di batas desa kabupaten, para petugas tetap memberikan pendampingan dan pengawasan.

Pada Rabu, 3 Juni 2020, Kepala Resort Taman Mas, Gaudencio Gabriel, beserta 2 orang penyuluh kehutanan, Yoseph Lepi Kaha dan Ferdynan Dapadeda, melakukan sosialisasi pelaksanaan PE kepada Ketua Kelompok Kerja PE dan para anggota. (Humas KLHK)

Seperti terlihat pada Rabu, 3 Juni 2020, Kepala Resort Taman Mas, Gaudencio Gabriel, beserta 2 orang penyuluh kehutanan, Yoseph Lepi Kaha dan Ferdynan Dapadeda, melakukan sosialisasi pelaksanaan PE kepada Ketua Kelompok Kerja PE dan para anggota, demikian siaran pers KLHK.

Dua topik penting yang disampaikan adalah bahwa dalam waktu dekat akan diberlakukan tatanan kehidupan baru (New Normal) di tengah wabah pandemi COVID-19, sehingga para pekerja yang sedang mengerjakan persemaian diminta untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang selama ini telah disosialisasikan, yakni menjaga jarak, memakai masker, dan sering mencuci tangan.

Selain itu, para petugas juga mengingatkan kepada para pekerja untuk waspada terhadap kebakaran hutan karena kondisi cuaca yang sudah tidak lagi turun hujan dalam beberapa hari terakhir.