Duta Sains ASEAN Aan Wahyudi Ingin Sebar Mitigasi Perubahan Iklim

Penulis : Betahita.id

Sosok

Kamis, 25 Juni 2020

Editor : Y. Y. Akhmadi

BETAHITA.ID -  Pakar di Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Aan Johan Wahyudi, terpilih sebagai sebagai 2020 ASEAN Science Diplomats bersama 14 peneliti regional Asia Tenggara pada Sabtu, 13 Juni 2020.

Ia menyisihkan sekitar 300 peneliti dari seluruh kawasan ASEAN untuk menjadi 14 terpilih. Aan akan menjalankan misi dalam mengawal dan menjembatani ilmu pengetahuan dan teknologi dari masing-masing bidang kepakaran bersama para pembuat kebijakan dari negara-negara anggota ASEAN.

Para peneliti terpilih berkesempatan untuk ikut serta dalam The ASEAN Science Diplomats Assembly yang akan memfasilitasi diskusi dengan pembuat kebijakan mengenai program dan prioritas penelitian mereka serta peluang pendanaan. Acara tersebut juga diharapkan dapat memperluas perspektif iptek dan  kebijakan dapat berinteraksi untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dalam suatu kebijakan.

Aan Johan Wahyudi meraih gelar Doctor of Environmental Studies dari  University of Tsukuba, Jepang pada 2013 dan juga penerima grant dari LIPI-JSPS Joint Research Project Fiscal year 2019-2022.

“Saya berharap dapat mengemukakan hasil penelitian yang telah dilakukan selama beberapa tahun belakangan terkait mitigasi perubahan iklim dengan pendekatan karbon biru atau blue carbon mulai dari aspek sains hingga penerapan kebijakannya seperti pembentukan platform bersama untuk metode pengukuran karbon,” katanya seperti dikutip laman lipi.go.id.

Ia juga berharap dapat melakukan pembahasan bersama para pembuat kebijakan di negara ASEAN untuk mencapai target SDGs  termasuk climate action secara regional.

Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Aan Johan Wahyudi (twitter/aj_wahyudi)