Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia, Langkah Awal Bersihkan Bumi

Penulis : Betahita.id

Sampah

Jumat, 03 Juli 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Hari ini, Jumat, 3 Juli 2020, seluruh dunia memperingati Hari Bebas Kantong Plastik, yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah pencemaran plastik yang sangat nyata dan mendesak.

Setiap hari, kita belajar lebih banyak tentang bagaimana plastik mempengaruhi planet ini dan bagaimana sejumlah pemerintah mengurangi plastik seperti dilakukan Provinsi DKI Jakarta yang melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di swalayan sampai pasar.

Tetapi sebagai individu, Anda perlu melakukan bagian Anda juga. Kita perlu memikirkannya saat menggunakan kantong plastik sehubungan dengan apa yang terjadi pada lingkungan kita dan bagaimana hal itu akan menimbulkan kerusakan di tahun-tahun mendatang.

Hari Tanpa Kantong Sampah 3 Juli

Ilustrasi sampah kantung plastik (Pixhere.com)

Kantong plastik tetap ada di dunia selama 50-500 tahun sebelum akhirnya membusuk sepenuhnya. Sangat penting bahwa kita secara kolektif mengambil tindakan.

International Plastic Bag Free Day dibuat oleh Bag Free World. Gerakan ini dibuat sebagai inisiatif di seluruh dunia untuk tujuan tunggal yaitu menyingkirkan penggunaan kantong plastik sekali pakai di seluruh dunia. Ini bagian dari mempromosikan pelestarian lingkungan dengan mendorong kita semua untuk menjauh dari penggunaan kantong plastik dan memilih alternatif yang ramah lingkungan.

Ada banyak cara untuk mendukung Hari Bebas Kantong Plastik, dan yang termudah dan  paling sederhana adalah memilih kantong kertas atau kain dan meninggalkan bungkus plastik. Caranya, bawa tas sendiri saat belanja baik di pasar tradisional maupun swalayan.

Jika Anda memiliki bisnis sendiri, mulailah sebuah program untuk mendorong pelanggan Anda membawa tas mereka sendiri yang dapat digunakan kembali, dan berhenti menawarkan tas plastik.

Ekosistem laut, khususnya, sangat menderita akibat penggunaan plastik. Lebih dari 31 spesies diketahui telah menelan samlah plastik, sementara lebih dari 100 spesies burung laut telah menelan plastik. Lebih dari 250 spesies terjerat dalam timbunan sampah plastik di perairan, termasuk 8 persen singa laut dan anjing laut menjadi korban. Itu adalah salah satu ancaman paling mendesak yang dihadapi oleh kita semua.

Polusi plastik adalah bencana global dan ini adalah buatan manusia. Menurut perkiraan, 500 miliar kantong plastik digunakan dalam skala global. Ini memiliki efek yang sangat merusak lingkungan, margasatwa, dan kualitas kehidupan manusia. Hari Bebas Kantong Plastik 2020 ini bisa menjadi langkah yang akan terbukti bermanfaat bagi generasi mendatang.