BBKSDA Sumut Sita dan Lepas Ribuan Jalak, Murai ke Habitatnya

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Jumat, 10 Juli 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara melepasliarkan ribuan burung berbagai jenis, yang merupakan hasil sitaan dari upaya pengiriman satwa liar ini. 

Sebelumnya, BBKSDA Sumut mengagalkan pengiriman burung tanpa dilengkapi dokumen Surat Angkutan Tumbuhan Satwa Liar Dalam Negeri (SATS-DN) di Bandara Internasional Kualanamu pada Jumat (26/06/2020) dini hari. Tim mendapatkan informasi dari masyarakat tentang rencana pengiriman satwa liar sehari sebelumnya.

Baca juga: Ratusan Anis Kembang Dikembalikan ke Flores

Kepala BBKSDA Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi pada keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Juli 2020 menyampaikan bahwa pada Jumat pukul 00.30 WIB, tim mendapatkan informasi burung tersebut berada di Kargo Ring I Bandara Internasional Kualanamu.

Tim kemudian berkoordinasi dengan Petugas Kargo Ring I, dan bersama-sama melakukan pengecekan ke dalam kargo. Hasilnya, ditemukan ada barang yang akan dikirim berupa satwa liar jenis burung, tanpa dilengkapi dokumen SATS-DN dan hanya menggunakan Surat Sertifikat Kesehatan Hewan dari Balai Karantina.

"Sesuai SOP Penindakan pada Kargo Ring I, maka barang tersebut dikembalikan ke kargo pengirim. Di lokasi inilah, Tim kemudian melakukan penindakan dengan merampas barang tanpa dokumen SATS-DN tersebut. Pada pukul 03.00 WIB, barang bukti dievakuasi ke kantor BBKSDA Sumatera Utara untuk dilakukan pemeriksaan," kata Hotmauli.

Dari hasil pemeriksaan dan pengecekan terhadap barang bukti tersebut, ditemukan Kucica Kampong atau Kacer (Copsychus saularis) sebanyak 80 ekor (70 ekor hidup, 10 ekor mati), Sikatan Bakau atau Tledekan Bakau (Cyornis rufigastra) sebanyak 88 ekor (58 ekor hidup, 27 ekor mati), Kerak Kerbau atau Jalak Kebo (Acridotheres javanicus) sebanyak 1.420 ekor (1.375 ekor hidup, 45 ekor mati) dan Murai Batu (Copsychus malabaricus) sebanyak 2 ekor. 


Jalak Kebo

Hotmauli menjelaskan bahwa pada hari itu juga, Jumat (26/06/2020), tim melakukan pelepasliaran burung Kacer sebanyak 65 ekor dan Jalak Kebo sebanyak 1.358 ekor di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Dolok Tinggi Raja.Sebanyak 53 ekor Tledekan Bakau dilepasliarkan ke kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading dan Langkat Timur Laut. Khusus untuk burung yang mati, dikubur atau di lokasi pelepasliaran. Untuk barang bukti disisihkan adalah 5 ekor Burung Kacer, 17 ekor Jalak Kebo dan 17 ekor Tledekan Bakau, serta 2 ekor Murai Batu.

"Terhadap kasus ini masih dilakukan pendalaman, serta pengumpulan bahan dan keterangan kepada nama yang tertera pada Health Certificate (HC)," kata Hotmauli.

Mencermati tingginya kasus pengiriman satwa liar tanpa dilengkapi dokumen, maka pada Senin, 6 Juli /2020, telah dilakukan Rapat Koordinasi Pengiriman Satwa Liar melalui Bandara Internasional Kualanamu. Rapat ini diikuti oleh Kepala BBKSDA Sumatera Utara, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Dinas Pertanian Deliserdang dan beberapa pengguna jasa di Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan. 

Hasil rapat disepakati bahwa SATS-DN dan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) menjadi syarat penerbitan Health Certificate untuk pengiriman satwa liar. Menindaklanjuti kesepakatan ini, BBKSDA Sumatera Utara mengambil langkah-langkah melakukan patroli rutin dan piket di bandara, untuk memantau serta mengawasi pengiriman satwa liar.

"Harapannya ke depan, koordinasi yang dibangun dengan berbagai pihak dapat meminimalisir dan mencegah pengiriman burung atau satwa liar lainnya yang tidak dilengkapi dokumen serta menjaga populasi burung di alam tidak menurun," kata Hotmauli.

Murai Batu (Wikipedia)