Peneliti LIPI: Pesut Mahakam Jarang Terlihat Terdesak Tambang

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Senin, 27 Juli 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Peneliti mamalia laut di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Sekar Mira, menanggapi video viral munculnya kembali pesut Mahakam, di Muara Kaman, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Ia membenarkan bahwa hewan air yang tertangkap kamera tersebut pesut mahakam yang juga dikenal sebagai irrawaddy dolphin.

Baca juga:Pesut Mahakam Muncul Lagi

Mira menuturkan kemunculan pesut Mahakam di daerah pesisir dan daerah sungai bukanlah hal yang aneh karena daerah tersebut merupakan habitat asli pesut Mahakam. Fenomena ini menjadi menarik perhatian karena populasi mamalia air tersebut kian langka.

"Sebenarnya pesut ini menyukai habitat di daerah pesisir dan daerah sungai.  Kemungkinan besar masyarakat menganggap bahwa kejadian ini langka karena semakin terancamnya populasi pesut di sekitar Sungai Mahakam itu sendiri,” kata Mira seperti dikutip laman Lipi, 25 Juli 2020.  
 
Pesut mahakam termasuk ke dalam ordo Cetacea dan famili Delphinidae. Saat ini, pesut di sekitar sungai Mahakam dan pesisir wilayah Kalimantan Timur memiliki semacam kelompok atau terpisah teritorialnya. Selain di sungai Mahakam, pesut ini masih bisa dijumpai di perairan sekitar wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jawa, Sumatera dan Papua.

Ancaman kepunahan

International Union of Conservation Nature and Natural Resources (IUCN) menetapkan pesut mahakam sebagai satwa kritis dan terancam punah (critically endangered species). Ini berarti, angka populasi pesut mahakam di alam bebas sudah sulit dipertahankan. “Para peneliti sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk mempelajari adanya pengaruh signifikan pada perubahan tingkah laku dan pergeseran habitat di sungai Mahakam,” ujar Mira.

Mira menjelaskan, di area hulu yang sarat aktifitas tambang, di mana perahu angkut muat lalu lalang, menyebabkan pergeseran habitat pesut. “Tentu dengan pergeseran ini ada perbedaan parameter perairan dan komposisi mangsa yang tersedia,” tutur Mira.

Meningkatnya jumlah limbah sampah di sekitaran habitat pesut juga mengancam keselamatan pesut sehingga populasi mereka terus berkurang. “Ada pesut yang mati terdampar ketika diotopsi ternyata ada popok anak yang memblok saluran cernanya, parahnya popok makin terisi air makin besar dan menyumbat,” kata Mira.

Pesut Mahakam. (Dok Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Pela, Alimin)