Surya, Nama Anak Harimau Sumatera Kelahiran Polandia

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Selasa, 25 Agustus 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Anak harimau sumatera, yang lahir di Kebun Binatang Wroclaw, Polandia, diberi nama Surya. Kelahiran satwa yang terancam punah ini dinilai sebagai peristiwa besar karena terjadi di luar habitat.

Baca juga: Bayi Harimau Sumatera Lahir di Kebun Binatang Polandia

Siaran pers Kebun Binatang Wroclaw menyebutkan Duta Besar Indonesia di Polandia, Siti Nugraha Mauludiah, ikut datang dalam acara pemberian nama pada 20 Agustus 2020.

Surya adalah individu pertama dari spesies ini yang lahir di Polandia dalam delapan tahun.

Surya, harimau sumatera yang lahir di Kebun Binatang Wroclaw, Polandia, Juli 2020. (wroclaw.wp.pl)

Segera setelah kelahiran, kebun binatang Wrocław membuat angket pada pengunjung untuk memilihkan nama bagi anak harimau ini. Ada 4 nama dan Surya mendapat suara terbanyak.

"Namanya berarti matahari, itu melambangkan keabadian, energi dan kehidupan. Saya percaya bahwa harimau betina akan memberikan lebih banyak cahaya tidak hanya di Kebun Binatang Wrocław, tetapi bagi kita masing-masing. Kami membutuhkan ini setelah pandemi," kata Duta Besar Indonesia Siti Nugraha Mauludiah.

"Ketika saya mengetahui tentang kelahiran harimau Sumatera di kebun binatang ini saya sangat senang. Saya memberi tahu rekan-rekan saya bahwa kami harus datang ke sini dan melihat si kecil," katanya seperti dikutip wroclaw.wp.pl.

Upacara ini juga dihadiri oleh Presiden Wrocław Jacek Sutryk dan Presiden Kebun Binatang Wrocław Radosław Ratajszczak.

"Bertentangan dengan penampilan, cukup banyak dari kita terhubung dengan Indonesia, tidak hanya warna bendera kita. Kami menjalankan banyak proyek bersama, juga di antara kebun binatang. Wroclaw Zoo terlibat dalam proyek-proyek untuk menyelamatkan spesies hewan langka," kata Sutryk.