Jakarta Tangani 1,2 Ton Limbah Masker Sekali Pakai

Penulis : Betahita.id

Sampah

Rabu, 16 Desember 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menangani 1.213 kilogram limbah masker sekali pakai dari rumah tangga sejak April hingga Desember 2020. “Dari awal pandemi bulan April, Jakarta sudah melakukan penanganan limbah infeksius dari rumah tangga secara rutin,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas LH DKI Syaripudin, Selasa, 15 Desember 2020.

Baca juga Bahaya Limbah Medis di Tengah Pandemi Corona

Menurut Syaripudin, hal itu dilakukan dengan tujuan agar limbah infeksius berupa masker medis sekali pakai dapat ditangani dengan baik dan menghindari potensi penularan Covid-19.

Kepala Seksi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas LH DKI Rosa Ambarsari menyebut petugas memilah dan mengumpulkan limbah infeksius seperti masker medis bekas pakai dari rumah tangga.

Dinas Lingkungan Hidup DKI bekerja sama dengan pihak pengolah limbah B3 yang berizin terkait pemusnahannya. “Masker bekas tergolong limbah infeksius. Pemusnahannya dengan cara diinsinerasi,” tutur dia.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Dinas Lingkungan Hidup DKI: Sampah Medis Rumah Tangga Naik

Ilustrasi masker medis (cdn.pixabay.com)

Rosa pun meminta masyarakat, khususnya ibu rumah tangga untuk mulai memilah sampah medis yaitu masker medis bekas di masa pandemi. Limbah jenis tersebut, kata dia, baiknya disemprot disinfektan dan dikemas khusus sebelum dibuang dan ditangani lebih lanjut oleh Dinas LH.

TEMPO.CO |  TERAS.ID