Deforestasi Amazon Capai Level Tahunan Tertinggi Dalam 1 Dekade

Penulis : Kennial Laia

Hutan

Selasa, 24 Agustus 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Laporan terbaru mengungkap, deforestasi hutan hujan Amazon di wilayah Brasil mencapai tingkat tahunan tertinggi dalam satu dekade.

Hutan tropis tersebut kehilangan tutupan hutan seluas 10,476 kilometer persegi atau lebih dari 1 juta hektare antara Agustus 2000 dan Juli 2021. Angka tersebut sembilan kali ukuran kota Rio de Janeiro, menurut data Imazon, yang dirilis baru-baru ini.

“Bulan Juli 2021 saja, deforestasi terekam seluas 2.095 kilometer persegi. Angka itu 80% lebih banyak dari bulan yang sama pada 202. Daerah ini lebih besar dari kota  São Paulo dan merupakan indeks terburuk dekade ini untuk bulan Juli,” tulis Imazon dalam laman resminya.

Menurut Imazon, akumulasi luasan deforestasi periode Agustus 2020-Juli 2021 tersebut merupakan yang tertinggi sejak 2012. Angka kumulatif tersebut juga 57% lebih tinggi dari deforestasi yang tercatat di kalender sebelumnya, dari Agustus 2019 hingga Juli 2020, dengan luas 6.688 kilometer persegi.  

Hutan Amazon yang hancur usai kebakaran hutan pada 2019. Foto: Victor Moriyama/Greenpeace International

Data diperoleh melalu Deforestation Alerty System (SAD, dalam bahasa Portugis) yang dikembangkan oleh Imazon. Pusat penelieitan tersebut memantau hutan melalui citra satelit sejak 2008. 

"Deforestasi saat ini masih di luar kendali," kata Carlos Souza, peneliti di Imazon, dikutip The Guardian, Jumat (20/8). 

"Brasil menentang agenda iklim global yang berusaha untuk segera mengurangi emisi gas rumah kaca," ujarnya.  

Souza menyerukan agar pemerintah segera memulai tindakan untuk menghentikan perusakan hutan Amazon, termasuk penegakan deforestasi yang disebabkan oleh pertanian ilegal di wilayah tersebut, yang terhambat oleh pemotongan anggaran untuk kementerian lingkungan dan lembaga perlindungan lingkungan di bawah pemerintahan Presiden Jair Bolsonaro.