Sepertiga Pohon Dunia Bersiap Punah, Termasuk di Indonesia

Penulis : Tim Betahita

Hutan

Kamis, 02 September 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Botanic Gardens Conservation International (BGCI) melaporkan hampir sepertiga spesies pohon di bumi terancam punah, sementara ratusan lainnya berada di ambang punah.

Laporan State of the World’s Tree, pada Rabu (1/9), menyebutkan dari 60 ribu speies pohon yang diteliti sebanyak 17,500 spesies pohon atau setara 30% dari total keseluruhan, terancam punah. Sementara 440 spesies lainnya memiliki kurang dari 50 individu yang tersisa di alam liar dan jumlahnya terun menurun.

“Laporan ini sebagai peringatan untuk seluruh orang di dunia bahwa pohon membutuhkan bantuan,” kata Sekretaris Jenderal BGCI Paul Smith dalam sebuah pernyataan resmi di situs BCGI. Laporan menyatakan di dunia kini jumlah pohon yang terancam, jauh lebih besar dari pada satwa liar -gabungan jumlah dari mamalia, burung, amfibi, dan reptil yang terancam punah. "Pohon lebih terancam dua kali lipat."

Di antara pohon yang berisiko adalah spesies magnolia dan dipterocarps yang biasanya ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara. Laporan tersebut juga menyebutkan, pohon ek, pohon maple, dan eboni juga menghadapi ancaman.

Foto udara hutan hujan tropis di Tanah Papua. Foto: thegeckoproject

Disebutkan dalam laporan tersebut, ribuan varietas pohon di enam negara di dunia yang memiliki banyak spesies pohon, berada dalam risiko kepunahan. Brazil merupakan negara dengan spesies pohon yang tingkat keterancaman punahnya paling banyak. Di sana sekitar 1,788 spesies di antaranya terancam punah.

Lima negara lainnya adalah Indonesia, Malaysia, China, Columbisa, dan Venezuela.

Indonesia tercatat memiliki 5,716 spesies pohon dengan 1,483 spesies endemik di antaranya. Sayangnya, dari jumlah tersebut 1,306 spesies atau 23 persen di ambang kepunahan.

Laporan tersebut memaparkan tiga ancaman utama yang dihadapi spesies pohon. Ancaman utamanya adalah pembukaan hutan, ekploitasi kayu dan produk lainnya, serta penyebaran luasnya hama dan penyakit invasif. Adanya campur tangan manusia terhadap jumlah spesies pohon, fenomena perubahan iklim dan cuaca ekstrem menjadi ancaman yang muncul.

Setidaknya 180 spesies pohon terancam secara langsung oleh naiknya air laut dan cuaca buruk, terutama spesies pulai seperti Magnolia di Kepulauan Karibia.

Meskipun negara-negara dengan keragaman hayati, seperti Indonesia, mengalami ancama kepunahan dengan angka yang besar, spesies pohon kepulauan dinyatakan lebih berisiko kepunahan secara proposional.

“Ini sangat memprihatinkan karena banyak pulau memiliki spesies pohon yang tidak dapat ditemukan di tempat lain,” tambah laporan itu.

Pohon membantu mendukung ekosistem alami dan dianggap penting untuk memerangi pemanasan global dan krisis iklim. Kepunahan dari satu spesies pohon saja dapat menyebabkan hilangnya banyak spesies lainnya.

”Setiap spesies pohon penting bagi jutaan spesies lain yang bergantung pada pohon, dan bagi orang-orang di seluruh dunia,” tambah Smith.

Penulis: Syifa Dwi Mutia, reporter magang di betahita.id