Bruno Orangutan Penghuni Kebun Binatang Los Angeles Mati

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Jumat, 10 Desember 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Orangutan jantan bernama Bruno penghuni Kebun Binatang Los Angeles yang memikat staf dan pengunjung di sana selama hampir tiga dekade, meninggal dunia. Bruno mati diusia 42 tahun.

Kebun binatang mengumumkan kematian Bruno di media sosial pada Jumat, 3 Desember 2021 lalu. Dalam pengumumannya Bruno dikatakan meninggal tiba-tiba awal pekan ini.

Penyebab kematian orangutan itu tidak segera diketahui, tetapi Bruno dianggap berada pada skala usia lanjut, menurut kebun binatang. Tes lebih lanjut sedang menunggu.

Bruno tiba di kebun binatang pada tahun 1994 dengan pesona misterius dan semangat jinak, dan menjadi duta besar yang membantu orang peduli tentang orangutan dan penderitaan mereka di alam liar. Bruno sendiri berasal dari hutan Indonesia dan Malaysia, ada tiga spesies orangutan, yang semuanya terancam punah.

Bruno, orangutan jantan, di Kebun Binatang Los Angeles mati. Kematian Bruno diumumkan di media sosialnya pada Jumat, 3 Desember 2021./Foto: Jamie Pham/Kebun Binatang Los Angeles via AP.

Penjaga Hewan Megan Fox, dalam posting media sosial kebun binatang, mengatakan, Bruno akan menghabiskan setiap hari membuat kejutan untuk staf.

"Dia adalah jiwa yang lembut dan murah hati, hampir selalu memberikan hadiah harian kepada penjaganya, sebuah ciptaan kecil yang akan dia buat di siang hari," katanya, dilansir dari AP News.