Spesies di Lubang Hidrotermal Laut Dalam Berisiko Punah

Kamis, 16 Desember 2021

BETAHITA.ID - Penelitian baru dari Queen's University Belfast telah menghasilkan 184 spesies laut dalam yang ditambahkan ke Daftar Merah Spesies Terancam Punah global. Dengan hampir dua pertiga dari spesies yang dinilai terdaftar sebagai terancam, ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk melindungi mereka dari kepunahan.

Daftar Merah Spesies Terancam Punah International Union for Conservation of Nature (IUCN) adalah otoritas konservasi terkemuka di dunia, dengan kategori risiko kepunahan yang diakui secara universal, misalnya Terancam Punah, Sangat Terancam Punah, dan lain-lain, yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran akan kebutuhan konservasi spesies untuk industri, pembuat kebijakan, dan masyarakat umum. Lebih dari 140.000 spesies telah masuk Daftar Merah tetapi kurang dari 15 persen berasal dari lingkungan laut dan hampir tidak ada yang berasal dari laut dalam.

Laut dalam adalah lingkungan terbesar di bumi dengan ribuan spesies unik yang hidup di habitat ekstrem. Keterpencilan habitat dasar laut ini membuat mereka sering kurang dipelajari, sehingga sulit untuk memahami dan mengkomunikasikan persyaratan konservasi mereka.

Ventilasi hidrotermal hanyalah salah satu dari ekosistem laut dalam yang unik ini. Habitat ventilasi menampung kepadatan kehidupan yang sama seperti hutan hujan tropis dan terumbu karang. Ada sekitar 600 titik api yang dikenal di seluruh dunia dan sebagian besar berukuran sepertiga dari lapangan sepak bola. Komunitas ventilasi juga sangat berbeda dari dasar laut di sekitarnya, membuat habitat ini sangat terpencil.

Ventilasi hidrotermal laut dalam./Foto: Marum Universitas Bremen

Ada minat industri yang berkembang di laut dalam, termasuk penambangan laut dalam untuk logam penting secara komersial, yang berarti sekarang penting untuk melindungi ekosistem pulau yang unik ini dan spesies endemik khusus mereka.

Peneliti utama dan mahasiswa Ph.D. Queen's University Belfast, Elin Thomas mengatakan, pihaknya fokus pada penilaian spesies yang ditemukan di lubang hidrotermal. Karena area ini semakin ditargetkan untuk dieksploitasi sumber daya alamnya, dan pihaknya ingin lebih memahami ancaman yang ditimbulkannya terhadap kehidupan laut yang kaya yang ditemukan di sana.

"Sebagai salah satu kelompok spesies dominan di habitat ventilasi dan sebagai tindak lanjut dari penilaian Siput Bersisik sebagai Terancam Punah pada tahun 2019, kami memfokuskan penelitian kami pada moluska," kata Elin Thomas, dilansir dari Phys.org.

Para peneliti menerapkan kriteria Daftar Merah IUCN untuk menilai risiko kepunahan semua spesies moluska yang diketahui secara eksklusif dari lubang hidrotermal. Penelitian menemukan bahwa dari 184 spesies yang dinilai, 62 persen terdaftar sebagai terancam, terdiri dari 39 Sangat Terancam Punah, 32 Terancam Punah, dan 43 Rentan.

Makalah berjudul 'A Global Red List for Hydrothermal Vent Molluscs' diterbitkan di Frontiers in Marine Science, dan didukung oleh Marine Institute. Penelitian ini melibatkan tim internasional dari AS, Kanada, Jepang dan Inggris.

"Hampir dua pertiga dari moluska terdaftar sebagai terancam, yang menggambarkan kebutuhan mendesak untuk melindungi spesies ini dari kepunahan," tambah Elin.

Elin mengatakan, moluska ventilasi Samudera Hindia berada di bawah risiko kepunahan terbesar, dengan 100 persen spesies terdaftar dalam kategori terancam dan 60 persen sebagai Sangat Terancam Punah. Ini bertepatan dengan distribusi kontrak penambangan yang diberikan oleh Otoritas Dasar Laut Internasional. Menyoroti risiko penambangan terhadap melampiaskan spesies dan dengan jelas menunjukkan mengapa pihaknya membutuhkan data ini.

"Faktanya, kami menemukan bahwa pengelolaan dasar laut dan peraturan pertambangan secara konsisten memiliki dampak terbesar pada risiko kepunahan suatu spesies sehingga kami memerlukan peraturan sebagai hal yang mendesak. Penelitian ini harus digunakan untuk mengembangkan kebijakan baru untuk melindungi spesies ini sebelum terlambat."

Pendekatan baru, yang menggabungkan kerangka peraturan pertambangan dan distribusi spesies, telah diterbitkan dalam Conservation Biology berjudul 'Assessing the extinction risk of insular, understudied marine species'. Pendekatan ini dapat diterapkan di luar lingkungan laut, dengan potensi untuk secara cepat mengukur hasil risiko kepunahan spesies di seluruh ekosistem pulau di seluruh dunia.

Elin menyimpulkan, sangat penting bagi Tim untuk terus memperdalam pemahaman tentang lingkungan laut, sebelum terlambat bagi terlalu banyak spesies. Menggunakan Daftar Merah IUCN memungkinkan Tim untuk menilai spesies mana yang paling berisiko dan pihaknya berharap data ini akan berguna.

"Digunakan untuk menginformasikan kebijakan untuk melindungi spesies ini dari ancaman seperti penambangan, serta memungkinkan para konservasionis menggunakan pendekatan ini untuk menilai risiko kepunahan spesies terbatas data lainnya, baik di laut maupun di darat," tutup Elin.