Burung Laut Antartika Menghadapi Penurunan Populasi

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Sabtu, 18 Desember 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Data yang dikumpulkan dari studi jangka panjang oleh para ilmuwan British Antarctic Survey (BAS) menunjukkan penurunan populasi burung laut Antartika yang sudah relatif langka, South Georgia shag. Diterbitkan dalam jurnal Polar Biology, sensus 40 tahun dari Pulau Signy di Kepulauan Orkney Selatan yang terpencil dan sensus 30 tahun dari Pulau Burung, dekat dengan pulau sub-Antartika Georgia Selatan, telah menunjukkan penurunan populasi yang signifikan di kedua lokasi.

Populasi Signy telah menurun lebih dari sepertiga dari ukuran sebelumnya dan populasi Pulau Burung telah berkurang lebih dari setengahnya. South Georgia shag adalah burung laut yang bersarang secara kolonial dan membangun sarang besar berbentuk alas di tebing.

Mereka bertelur hingga tiga telur setiap tahun dan memakan sejumlah spesies ikan yang mereka tangkap dengan menyelam. Studi ini menegaskan penurunan populasi jangka panjang yang sedang berlangsung di South Georgia shags sebesar 41 persen di Signy sejak 1978 dan hampir 60 persen di Bird Island sejak 1989.

Dioperasikan oleh BAS, Stasiun Penelitian Pulau Signy adalah stasiun musim panas saja, dan Stasiun Penelitian Pulau Burung ditempati oleh para ilmuwan sepanjang tahun. Di kedua lokasi terdapat program pemantauan jangka panjang pada sejumlah spesies burung laut, termasuk penguin dan elang laut, serta shags Georgia Selatan.

South Georgia shags bersarang di garis pantai berbatu./Foto: Mike Dunn

"Mengidentifikasi tren populasi yang menurun ini sangat penting untuk konservasi masa depan yang efektif dari spesies ini. Mayoritas populasi dunia shags Georgia Selatan terletak di pulau South Orkney dan Georgia Selatan, termasuk Pulau Burung. Akibatnya, kelanjutan penurunan yang ditunjukkan dalam penelitian ini akan menjadi perhatian konservasi yang penting," terang Mike Dunn, penulis utama dan ahli ekologi burung laut, dilansir dari Phys.org.

Pemantauan populasi burung laut Antartika adalah alat penting dalam membantu para ilmuwan mengidentifikasi proses yang mendorong tidak hanya variabilitas dalam kelimpahan burung laut, tetapi juga perubahan yang lebih luas di Ekosistem Samudra Selatan. Penelitian populasi shag Georgia Selatan di Signy and Bird Island memberikan konteks yang berharga untuk penelitian ekologi regional lainnya dan merupakan bagian penting dari program yang lebih luas untuk memahami bagaimana hewan Antartika merespons perubahan lingkungan. Tantangan berikutnya adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong perubahan populasi yang besar ini pada populasi burung laut yang penting ini.

"Ukuran populasi jangka panjang dan tren South Georgia Shags (Leucocarbo [atriceps] georgianus) di Signy Island, South Orkney Islands dan Bird Island, South Georgia," oleh MJ Dunn, S. Adlard, AS Lynnes, D. Fox, TI Morley, JA Jackson, diterbitkan dalam jurnal Polar Biology.