Prancis Larang Kemasan Plastik untuk Buah dan Sayuran

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Lingkungan

Jumat, 07 Januari 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Undang-undang baru yang melarang kemasan plastik pada sebagian besar buah dan sayuran mulai berlaku di Prancis mulai 1 Januari 2022 kemarin.

Mentimun, lemon, dan jeruk termasuk di antara 30 varietas yang dilarang dibungkus plastik. Paket yang lebih besar serta buah yang dipotong atau diproses akan dikecualikan.

Presiden Emmanuel Macron menyebut larangan itu 'revolusi nyata' dan mengatakan itu menunjukkan komitmen negara itu untuk menghapus plastik sekali pakai pada 2040, dilansir dari BBC.

Lebih dari sepertiga produk buah dan sayuran di Prancis diperkirakan dijual dalam bungkus plastik, dan pejabat pemerintah percaya bahwa larangan tersebut dapat mencegah satu miliar item plastik sekali pakai digunakan setiap tahun.

Langkah-langkah tersebut adalah bagian dari serangkaian aturan lingkungan yang diperkenalkan oleh Presiden Emmanuel Macron./Foto: Getty Image

Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan undang-undang baru, Kementerian Lingkungan mengatakan bahwa Prancis menggunakan jumlah yang keterlaluan dari plastik sekali pakai dan bahwa larangan baru bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan meningkatkan substitusi dengan bahan lain atau dapat digunakan kembali dan dapat didaur ulang kemasan.

Larangan tersebut merupakan bagian dari program multi-tahun yang diperkenalkan oleh pemerintah Macron yang akan membuat plastik perlahan-lahan berkurang di banyak industri. Mulai 2021, negara itu melarang sedotan plastik, gelas dan peralatan makan, serta kotak makanan yang terbuat dari polistiren.

Pada 2022 ruang publik akan dipaksa untuk menyediakan air mancur untuk mengurangi penggunaan botol plastik, publikasi harus dikirim tanpa bungkus plastik, dan restoran cepat saji tidak lagi dapat menawarkan mainan plastik gratis. Namun, angka industri telah menyatakan keprihatinan atas kecepatan di mana larangan baru sedang diperkenalkan.

"Penghapusan kemasan plastik dari sebagian besar buah dan sayuran dalam waktu sesingkat itu tidak memungkinkan alternatif untuk diuji dan diperkenalkan pada waktu yang tepat dan stok kemasan yang ada harus dibersihkan," kata Philippe Binard, dari Asosiasi Produk Segar Eropa.

Beberapa negara Eropa lainnya telah mengumumkan larangan serupa dalam beberapa bulan terakhir karena mereka mengejar komitmen yang dibuat pada konferensi COP26 baru-baru ini di Glasgow.

Awal bulan ini Spanyol mengumumkan akan memberlakukan larangan penjualan buah dan sayuran dalam kemasan plastik mulai tahun 2023 untuk memungkinkan bisnis menemukan solusi alternatif.

Pemerintah Macron juga mengumumkan beberapa peraturan lingkungan baru lainnya, termasuk peraturan yang menyerukan iklan mobil untuk mempromosikan alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti berjalan kaki dan bersepeda.

Namun, undang-undang penuh tidak akan diterapkan sampai 2026, yang memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi, termasuk pada penjualan buah merah yang dianggap rapuh. Enam bulan juga telah diberikan untuk menggunakan stok kemasan plastik yang ada.

"Kami tidak pernah dikonsultasikan," keluh Laurent Grandin, Kepala Asosiasi Interfel sektor buah dan sayur, dilansir dari Phys.org.

Dia mengatakan kepada AFP bahwa biayanya tidak dapat diatasi untuk perusahaan kecil yang harus tetap menggunakan plastik untuk melindungi ekspor, terutama ke Inggris, klien utama apel.

Pomanjou memproduksi hingga 40.000 ton apel setiap tahun di lembah Loire dan selama tiga tahun terakhir memperkenalkan kemasan karton 100 persen.

Namun biaya pengepakan sebagai akibatnya melonjak 20 hingga 30 persen, kata perwakilan perusahaan Arnaud de Puineuf.

Grup supermarket besar Casino mengatakan sekarang akan menjual tomat dalam kemasan karton dan menyediakan kantong kertas atau selulosa kepada pelanggan.

Perusahaan pengemasan mengatakan dekrit 8 Oktober mengejutkan mereka, terutama larangan plastik daur ulang.

"Kami memiliki perusahaan klien yang harus menghentikan aktivitas pengemasan buah dan sayuran mereka, meskipun mereka telah bekerja pada alternatif menggunakan lebih sedikit plastik atau plastik daur ulang selama beberapa tahun," kata pernyataan dari asosiasi Elipso yang mewakili produsen.

Elipso dan Polyvia, serikat pekerja yang mencakup 3.500 perusahaan yang membuat pengemasan, telah mengajukan banding ke Dewan Negara Prancis, yang memiliki yurisdiksi atas perselisihan administratif, terhadap apa yang mereka katakan sebagai distorsi pasar Eropa karena larangan tersebut hanya berlaku untuk Prancis.

Tetapi Armand Chaigne, Direktur Pasar Industri di perusahaan pengemasan DS Smith, melihat manfaatnya, terutama bagi produsen kardus.

"Diperkirakan di Eropa, dari delapan juta ton plastik yang diproduksi per tahun untuk kemasan sekali pakai, 1,5 juta ton sudah bisa dibuang," katanya.

Itu mewakili sekitar 70 miliar unit kemasan plastik sekali pakai atau sekitar tujuh miliar euro ($7,9 miliar) dari potensi omset tambahan untuk karton.