Anak Cheetah di Somaliland Terancam Perdagangan Hewan Peliharaan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 08 Februari 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Dua anak cheetah (Acinonyx jubatus) yang kelaparan mencicit dan menarik-narik tali pengikat mereka saat dokter hewan pemerintah mendorong jarum melalui bulu halus untuk memberi mereka cairan dan nutrisi, di Somaliland.

Usianya baru sekitar lima bulan, dua bayi cheetah ini mengalami dehidrasi, kerdil dan sangat kekurangan kalsium yang biasanya mereka dapatkan dari susu induk mereka sehingga mereka kesulitan berjalan. Tapi setidaknya mereka masih hidup.

Anak-anak cheetah ini diselamatkan dari pengembara pada November lalu oleh pemerintah Somaliland--yang memisahkan diri dari Somalia pada 1991--dalam kemitraan dengan Torrid Analytics, sebuah kelompok lingkungan yang memfasilitasi akses Reuters untuk penyelamatan. Mereka sekarang dalam perawatan Cheetah Conservation Fund (CCF).

Hanya sekitar 6.700 cheetah dewasa yang tersisa di alam liar di seluruh dunia, dan populasinya masih terus menurun, menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Anak-anak Cheetah yang disita dari seorang pengembara Somalia, yang mengambilnya dari induknya, ditangani oleh Yassin Abdullahi di sebuah peternakan swasta di luar Harirad, di wilayah semi-otonom Somaliland Somalia utara, 7 November 2021. Gambar diambil 7 November 2021./Foto: REUTERS /Musawi Abdallah Musawi

Kepala CCF, Dr. Laurie Marker mengatakan, anak-anak cheetah yang diculik sering ditakdirkan untuk perdagangan hewan peliharaan eksotis di Timur Tengah, tetapi hanya sedikit orang yang menyadari penderitaan yang ditimbulkannya. Empat atau lima anak cheetah mati untuk masing-masing yang mencapai pasar. Sedangkan induknya sering kali dibunuh.

Pada tahun pertama, CCF menerima sekitar 40 ekor anak cheetah di Somaliland. Banyak yang tidak bertahan lama. Tetapi dengan mendirikan rumah persembunyian dan menyediakan perawatan hewan, mereka mampu mengurangi kematian hingga hampir nol dalam empat tahun. Saat ini organisasi tersebut menampung 67 cheetah.

Kekeringan yang diperburuk oleh pemanasan global meningkatkan tekanan pada cheetah. Karena lebih sedikit penggembalaan mendukung lebih sedikit kawanan mangsa liar dan hewan ternak. Petani yang dulu mengabaikan ketika seekor cheetah menyerang salah satu hewan mereka sekarang kurang mampu menanggung kerugian.

"Jika pemangsa memakan ternaknya, mereka jauh lebih marah. Mereka akan pergi dan melacak induknya, di mana anak-anaknya akan berada, dan mencoba mendapatkan uang dari anak-anaknya untuk mendukung kerugian yang mereka alami," kata Dr. Laurie Marker.

Menteri Lingkungan Hidup Shukri Ismail Haji mengatakan, Somaliland berencana membuka taman nasional tempat cheetah dapat berkeliaran. Tetapi meskipun wilayah kecil yang memisahkan diri itu terletak di jalur yang paling terpengaruh oleh perubahan iklim, ia tidak dapat mengakses sebagian besar pendanaan lingkungan. Karena hampir tidak ada badan dunia yang mengakuinya sebagai negara yang terpisah dari Somalia.

"Kami adalah pemerintah yang tidak diakui. Akibatnya, pendanaan internasional yang bisa kami dapatkan sangat sedikit," kata Shukri Ismail Haji.

REUTERS