Hiu Martil Langka Ditemukan di Perairan Australia

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Kamis, 24 Februari 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebuah studi baru oleh para peneliti di The University of Western Australia telah menemukan spesies hiu martil yang terancam punah di perairan metropolitan Perth, lebih jauh ke selatan daripada yang tercatat sebelumnya.

Kehadiran agregasi berulang dari martil bergigi (Sphyrna lewini) di perairan metropolitan Perth ini memiliki implikasi konservasi untuk spesies tersebut, menurut penulis utama Naima Andrea López, Ph.D. kandidat di Marine Futures Lab UWA. Tim peneliti melakukan survei drone mingguan selama dua musim panas di perairan selatan Perth untuk mendokumentasikan status agregasi.

Studi yang dipublikasikan di Austral Ecology, mengidentifikasi hiu yang berkumpul sebagai hiu martil bergigi, spesies hiu martil yang terancam punah yang biasanya menghuni wilayah tropis Australia dan jarang tercatat di selatan Teluk Jurien.

Spesies ini saat ini terdaftar sebagai tergantung konservasi di Australia di bawah Undang-Undang Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati (EPBC Act), meskipun status konservasinya saat ini sedang ditinjau.

Penampakan hiu martil langka yang ditemukan di perairan Australia./Foto: The University of Western Australia

López mengumpulkan lebih dari 90 jam rekaman video udara selama dua tahun, yang memungkinkannya untuk mengidentifikasi, menghitung, dan mengukur hewan. Agregasi terlihat selama bulan Januari dan Februari, dan panjang rata-rata hiu adalah sekitar 1,5 meter, membuat mereka remaja yang belum dewasa secara seksual.

López mengatakan, Australia harus mengambil pendekatan kehati-hatian ketika meninjau status konservasi spesies sampai tingkat selatan distribusi hiu martil di Australia Barat dapat lebih jelas ditetapkan.

"Kehadiran agregasi ini sejauh selatan tampaknya menjadi fenomena yang relatif baru yang mungkin menunjukkan pergeseran kutub dalam distribusi spesies sebagai akibat dari pemanasan lautan dan mengekspos hewan-hewan ini ke tekanan penangkapan ikan yang lebih besar," kata López.

Rekan penulis Profesor Jessica Meeuwig mengatakan, tangkapan ikan martil bergigi saat ini di Australia Barat tidak diketahui dan mengandalkan data komposisi tangkapan historis untuk memahami tangkapan saat ini mungkin tidak valid.

"Sampai komposisi kontemporer dari tangkapan martil komersial dan rekreasional dapat diverifikasi, baik pemerintah Negara Bagian dan Federal harus memperkuat perlindungan spesies, terutama di lokasi agregasi mereka," kata Profesor Meeuwig.

PHYS