Myanmar Punya 100 Spesies Baru

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 09 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Dalam waktu satu dekade, Fauna & Flora International (FFI) di Yangon bersama mitra dalam negeri dan internasional telah menemukan tidak kurang dari 100 spesies baru di Myanmar. Negara tersebut memiliki kekayaan hayati yang hanya bisa diimpikan oleh sebagian besar negara.

Jalur hutannya yang tersisa adalah rumah bagi beberapa satwa liar paling spektakuler di daratan Asia Tenggara. Dengan dua pertiga penduduk negara itu hidup di bawah garis kemiskinan, masyarakat lokal sangat bergantung pada sumber daya alam untuk bertahan hidup, dan sangat penting bagi mereka untuk terlibat dalam keputusan tentang cara terbaik untuk melindungi warisan alam itu.

Ketika Myanmar mulai terbuka pada 2010, FFI tidak membuang waktu untuk mencoba membangun hubungan dengan organisasi akar rumput yang muncul yang bertujuan untuk memberikan suara kepada masyarakat lokal. FFI kemudian bergabung dengan mitra dalam negeri Asosiasi Keanekaragaman Hayati dan Konservasi Alam atau Biodiversity and Nature Conservation Association (BANCA) untuk membangun program jangka panjang yang ambisius yang berfokus pada pengelolaan kawasan lindung dan kehutanan masyarakat.

Jika bukti diperlukan bahwa keanekaragaman hayati Myanmar adalah salah satu rahasia terbaik Asia, survei bersama pertama yang dilakukan dengan BANCA pada awal 2010 pasti menyediakannya. Pengungkapan terbesar adalah spesies primata yang baru bagi sains.

Monyet berhidung pesek muda Myanmar, perwakilan berharga dari generasi berikutnya dari primata yang terancam punah ini./Foto: Shaohua Dong

Sebelumnya hanya diketahui oleh pemburu lokal, monyet berhidung pesek Myanmar akan terbukti menjadi yang pertama dalam rangkaian penemuan luar biasa yang berpuncak pada pengungkapan tahun lalu bahwa primata lokal lainnya, lutung Popa, sebenarnya adalah spesies baru yang bersembunyi di depan mata.

Cukup tepat, spesies yang menghitung jumlah kumulatif menjadi tiga angka bukanlah kerabat dekat yang karismatik, melainkan seekor bristletail bercabang dua yang beradaptasi di gua. Klaim utama arthropoda ini untuk ketenaran tidak berasal dari keindahan intrinsik apapun--yang dalam hal ini mungkin luput dari perhatian sebagian besar orang--daripada dari jangkauannya yang sangat terbatas (mungkin hanya satu gua).

Kerang dan moluska lainnya, tokek ramping, belut berduri, katak emas, dan kadal buaya Ywangan yang diberi nama menyenangkan adalah beberapa di antara temuan baru lainnya.

Negara manapun yang menyajikan daftar seratus spesies baru dalam jangka waktu sepuluh tahun--dipesan, untuk boot, oleh sekumpulan monyet misterius--jelas membutuhkan perhatian konservasi yang cermat. Dalam kasus Myanmar, kebutuhan itu semakin mendesak mengingat sejauh mana sumber daya negara tersebut telah dieksploitasi oleh kepentingan luar.

Semua spesies ini--mulai dari kerang air tawar di sungai terbesar Myanmar hingga tokek yang bergantung pada karst di singkapan batu kapur mereka yang terisolasi--menghadapi rentetan ancaman termasuk pembalakan liar, perburuan, perambahan pertanian, pembangunan infrastruktur yang keliru, dan tambang liar.

Kabar baiknya adalah bahwa kawasan lindung baru telah dibuat untuk membantu melindungi monyet berhidung pesek Myanmar dan habitatnya, tetapi masih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa spesies lain yang kurang layak diberitakan mendapat manfaat dari tindakan perlindungan serupa.

Pada saat ketidakpastian ini, pemikiran FFI tertuju pada staf dan mitra lokal di Myanmar, dan dengan komunitas yang terus mereka libatkan. FFI terbiasa beroperasi di negara-negara selama periode krisis politik, dan berkomitmen untuk mencari jalan keluar di masa yang penuh gejolak ini, untuk memastikan bahwa konservasi keanekaragaman hayati tetap menjadi agenda utama pemerintah.

FFI