Ahli Biologi Temukan Spesies Baru Alga dan Anggrek

Minggu, 13 Maret 2022

BETAHITA.ID - Para ahli biologi baru-baru ini berhasil menemukan spesies baru dari genus alga hijau uniselular Acetabularia dan genus anggrek Neotropis Maxillaria. Spesies alga hijau baru itu ditemukan dari habitat intertidal berbatu di Kepulauan Andaman dan Nicobar. Sedangkan anggrek Neotropis Maxillaria dari hutan hujan awan di Ekuador utara.

Dilansir dari Sci-News, Acetabularia adalah genus ganggang hijau bersel tunggal yang masih ada yang ditemukan di perairan subtropis. Itu masih dalam famili Polyphysaceae dari ordo Dasycladales. Keragaman Dasycladales saat ini mencakup 38 spesies yang termasuk dalam 10 genera dan dibagi menjadi dua famili Dasycladaceae dan Polyphysaceae, yang dapat dianggap sebagai 'fosil hidup'.

Alga Acetabularia adalah dioecious dan memiliki tinggi 0,5 sampai 10 cm (0,2-3,9 inci). Alga ini memiliki tiga bagian anatomi: di bagian bawah - rizoid dengan satu set akar pendek, di tengah - tangkai panjang, dan di atas - payung cabang yang selanjutnya menyatu menjadi topi. Ini juga disebut 'gelas anggur putri duyung' karena topi berbentuk payung yang indah.

Genus Acetabularia terdiri dari setidaknya 13 spesies yang saat ini diterima. Empat spesies diketahui dari India, termasuk tiga dari Kepulauan Andaman dan Nicobar. Spesies yang baru diidentifikasi dikumpulkan dari batuan intertidal di Port Blair, ibu kota Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Acetabularia jalakanyakae./Foto: Felix Bast.

Alga jenis baru itu dinamakan Acetabularia jalakanyakae, secara morfologi mirip dengan Acetabularia crenulata , spesies alga hijau dari Key West, Florida. Temuan Acetabularia jalakanyakae ini dijelaskan dalam sebuah makalah di Indian Journal of Geo Marine Sciences .

“Tubuh utama Acetabularia jalakanyakae terdiri dari tiga bagian. Bagian dasar dengan pegangan rhizoid, bagian tengah dengan tangkai panjang, dan bagian atas dengan topi melingkar berbentuk payung,” kata penulis senior Dr. Felix Bast dan rekan-rekannya dari Central University of Punjab, Central University of Kerala, dan DAV College.

“Ini terdiri dari batang silinder yang tidak bercabang. Panjang tangkai 20-40 mm dengan diameter tutup 5-13 mm. Tutupnya benar-benar menyatu, memiliki 40-60 sinar tutup. ”

“Ujung luar setiap sinar membentuk struktur runcing. Cincin luar terdiri dari lobus ramping dengan bifurkasi. Cincin bagian dalam memiliki 40-60 lobus tanpa bifurkasi. Cincin bagian dalam terdiri dari 6 atau 7 rambut per lobus dan menunjukkan tonjolan di dalamnya. Tutup yang berkembang menunjukkan lobus yang membengkak di dalam dan partisi awal di cincin bagian dalam dan luar.”

Maxillaria anacatalinaportillae./Foto: Hugo Medina.

Anggrek Baru

Masih dari Sci-News, sebelumnya, ahli biologi juga menemukan anggrek Neotropis Maxillaria dari hutan hujan awan di Ekuador utara. Genus Maxillaria, disingkat Max dalam perdagangan hortikultura, termasuk salah satu kelompok anggrek yang paling beragam dan kaya spesies. Tergantung pada klasifikasi yang diterapkan, itu dihitung dari sekitar 420, hingga 634 hingga 750 spesies.

Anggrek ini biasa disebut anggrek laba-laba, anggrek api atau anggrek harimau, perwakilan dari genus didistribusikan di hutan hujan Amerika Latin dari Meksiko tengah ke Bolivia, serta di Hindia Barat. Beberapa spesies Maxillaria yang populer, tanaman hortikultura dengan bunga besar dan mencolok, sering harum baik.

Bukan hal yang aneh bahwa beberapa individu dengan warna berbeda diperkenalkan ke pasar komersial dengan nama spesies yang mirip, kurang lebih terkait, sebagai varietas informal atau bentuk warna, yang sebagian besar menyebabkan kebingungan.

“Saat menyelidiki keragaman Maxillaria di Ekuador, kami menemukan tanaman yang secara komersial disebut sebagai Maxillaria sanderiana xanthina ,” kata Dr. Monika Lipińska dari Universitas Gdańsk dan rekan-rekannya dari Polandia, Ekuador, dan Kazakhstan.

"Dalam analisis morfologi dan mikromorfologi yang dilakukan, kami menyimpulkan bahwa itu adalah spesies baru yang terpisah."

Spesies baru ini hanya diketahui dari lokasi Maldonado di provinsi Carchi, Ekuador. Anggrek ini bernama ilmiah Maxillaria anacatalinaportillae, tumbuh sebagai epifit di hutan hujan awan pada ketinggian 1.700 m di atas permukaan laut. Penemuan Maxillaria anacatalinaportillae dilaporkan dalam sebuah makalah di jurnal PhytoKeys.

“Menurut kriteria Daftar Merah IUCN, Maxillaria anacatalinaportillae harus diklasifikasikan sebagai 'Sangat Terancam Punah' berdasarkan jumlah kecil populasi yang diketahui dan area penyebaran yang terbatas,” kata para peneliti.

“Provinsi Carchi dalam beberapa tahun terakhir menderita masalah yang disebabkan oleh perubahan iklim, dampak antropogenik terhadap lingkungan, dan kurangnya kesadaran akan sumber daya alam.”

“Perubahan penggunaan lahan, perluasan perbatasan pertanian, pertumbuhan penduduk, atau pembukaan jalan baru adalah beberapa dinamika yang menghasilkan tekanan pada ekosistem, mengorbankan proses ekologi yang terjadi di dalamnya.”