Trenggiling Perdagangan Ilegal di Vietnam Terkonfirmasi Corona

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 15 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebuah studi baru dalam jurnal Frontiers in Public Health yang dipimpin oleh para ilmuwan dari Wildlife Conservation Society (WCS) mengkonfirmasi bahwa trenggiling yang disita dari perdagangan satwa liar ilegal di Vietnam menjadi inang virus corona terkait SARS-CoV-2. Sebelumnya, hanya trenggiling yang disita di China yang dinyatakan positif virus corona terkait SARS-CoV-2.

Para penulis penelitian mengatakan bahwa temuan tersebut adalah bukti lebih lanjut bahwa sifat transnasional dari perdagangan satwa liar dapat memfasilitasi penularan dan amplifikasi virus corona dan virus lainnya di sepanjang rantai perdagangan, memberikan bukti lebih lanjut bahwa pencegahan pandemi dan epidemi juga harus difokuskan pada limpahan patogen dari margasatwa.

Studi tersebut mendeteksi virus corona terkait SARS-CoV-2, yang beredar di trenggiling sunda (Manis javanica) yang disita dari perdagangan satwa liar ilegal di Vietnam. Analisis mengungkapkan bahwa virus corona yang diidentifikasi pada trenggiling ini terkait erat dengan virus corona yang sebelumnya terdeteksi pada trenggiling sitaan dari perdagangan satwa liar ilegal di provinsi Yunnan dan Guangxi, China.

“Kami tahu bahwa virus corona mirip SARS (SARS-CoV-2 dan SARS-CoV-1) dapat menyebabkan penyakit serius pada manusia. virus corona dalam keluarga SARS-CoV pada trenggiling yang diperdagangkan di Vietnam. Menghilangkan perdagangan trenggiling dan mamalia liar serta burung lainnya akan menghilangkan jalur berisiko tinggi untuk penyebaran virus dan munculnya patogen," kata Nguyen Thi Thanh Nga dari Program Viet Nam WCS, penulis utama studi tersebut.

Trenggiling./Foto: Unsplash/CC0 Public Domain

Kedelapan spesies trenggiling telah terdaftar di Appendix I CITES sejak 2017, melarang semua perdagangan internasional untuk tujuan komersial. Keempat spesies trenggiling Asia, termasuk trenggiling sunda dan cina (Manis pentadactyla) dianggap Terancam Punah atau Sangat Terancam Punah di seluruh rentang geografisnya.

Penulis penelitian menguji spesimen dari total 246 trenggiling dari peristiwa penyitaan satwa liar yang terjadi di Vietnam pada tahun 2016 hingga 2018. Spesimen yang dikumpulkan dari tujuh individu trenggiling pada tahun 2018 dinyatakan positif virus corona terkait SARS-CoV-2.

Selain menguji trenggiling untuk virus corona terkait SARS-CoV-2, penulis meninjau laporan media tentang kasus perdagangan trenggiling yang melibatkan Vietnam antara 2016 dan 2020. Beberapa peristiwa penyitaan trenggiling yang dijadikan sampel dalam penelitian ini di Vietnam melibatkan satwa liar hidup lainnya termasuk campuran primata non-manusia, reptil, dan burung.

Pengamatan ini mendukung kekhawatiran lama bahwa perdagangan satwa liar hidup, memindahkan hewan liar keluar dari habitat alami mereka dan ke lanskap yang didominasi manusia dan pusat kota besar, menimbulkan risiko serius dan meningkatkan memulai epidemi dari patogen yang muncul dalam populasi manusia.

Temuan ini mendukung rekomendasi terkini tentang regulasi perdagangan dan pasar satwa liar hidup, termasuk Panduan Sementara April 2021 tentang "Mengurangi risiko kesehatan masyarakat yang terkait dengan penjualan hewan liar hidup dari spesies mamalia di pasar makanan tradisional" yang dikeluarkan oleh WHO, United Nations Environmental Program (UNEP), dan Organisasi Internasional untuk Kesehatan Hewan (OIE), yang meminta pemerintah untuk "Menangguhkan perdagangan hewan liar yang ditangkap hidup dari spesies mamalia untuk tujuan makanan atau pembiakan dan menutup bagian dari pasar makanan yang menjual hewan liar yang ditangkap hidup dari spesies mamalia sebagai tindakan darurat kecuali ada peraturan efektif yang dapat dibuktikan dan penilaian risiko yang memadai."

Para penulis juga menunjukkan bahwa rekomendasi internasional saat ini terlalu terfokus pada pasar terbuka dan tidak membahas rantai pasokan satwa liar yang lebih panjang, perdagangan satwa liar yang bersumber secara legal dan ilegal dari sumbernya.

Para penulis menunjukkan perlunya reformasi kebijakan perdagangan satwa liar untuk mengekang risiko pandemi di masa depan dan mengatakan langkah-langkah mitigasi harus mempertimbangkan bahwa antarmuka tumpahan perdagangan satwa liar mengandung virus baru, yang tidak terdeteksi dengan praktik atau prosedur penyaringan sampel saat ini.

Di antara negara-negara, Cina telah memprakarsai tindakan keras multi-sektoral dan berkelanjutan terhadap perdagangan satwa liar ilegal dan reformasi legislatif yang dirancang untuk sepenuhnya menghapus pertanian/sumber, perdagangan, dan konsumsi satwa liar darat sebagai makanan.

Vietnam melarang impor satwa liar pada Januari 2020, sebagai tanggapan langsung terhadap identifikasi SARS-CoV-2 di Tiongkok, dan menyerukan penegakan hukum yang ada tentang perdagangan satwa liar ilegal sebagaimana diatur dalam Perdana Pemerintah Vietnam Juli 2020. Instruksi Menteri No. 29 tentang "solusi mendesak untuk mengelola satwa liar".

Dalam dua tahun terakhir, Pemerintah Vietnam telah merevisi sejumlah dekrit yang menangani kesehatan hewan, kesehatan masyarakat, keamanan pangan, dan pengelolaan satwa liar dengan tujuan mengurangi risiko dan dampak pandemi di masa depan. Ini termasuk Keputusan 14 tentang mengatur hukuman untuk pelanggaran administratif yang melibatkan peternakan dan Keputusan 07 yang dikeluarkan pada awal 2022 yang meningkatkan sanksi untuk melanggar undang-undang dan peraturan perdagangan satwa liar.

PHYS