China Bangun Sarang Buatan untuk Burung Bangau Terancam Punah

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 22 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Cagar Alam Nasional Honghe di Provinsi Heilongjiang, China timur laut, membangun 100 sarang buatan baru untuk bangau putih oriental (Ciconia boyciana) yang merupakan spesies burung yang terancam punah.

Bangau putih oriental yang merupakan spesies burung migrasi yang berada dalam perlindungan nasional kelas satu di China, dimasukkan ke dalam kategori terancam punah oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Dilansir Xinhua, pada awal 2022 lalu cagar alam tersebut menambahkan 100 sarang burung buatan terbuat dari besi alih-alih sarang buatan dari kayu seperti yang sebelumnya telah dipasang. Sarang dari besi diyakini lebih aman dan tidak mudah rusak sehingga memiliki masa pakai yang lebih lama dan kemampuan yang lebih efisien untuk menarik margasatwa.

Biro Administrasi Cagar Alam Nasonal Honghe, Zhu Baoguang mengatakan, secara bertahap akan mengganti sarang-sarang buatan dari kayu dengan sarang dari besi. Dengan area total 21.835 hektare, cagar alam itu disebut sebagai "rumah bangau putih oriental di China" dan menjadi habitat perkembangbiakan utama bagi banyak burung migrasi langka.

Sarang burung buatan dari besi yang dibangun di Cagar Alam Nasional Honghe, di Provinsi Heilongjiang, China timur laut, 20 Maret 2022./Foto: ANTARA/Xinhua/Biro Kehutanan dan Padang Rumput Heilongjiang/aa.

Untuk memulihkan populasi bangau yang terancam punah tersebut, Cagar Alam Nasional Honghe sejauh ini telah membangun 389 sarang buatan sejak 1993. Hingga akhir 2021, cagar alam itu telah berhasil membantu
membiakkan 1.748 ekor anak bangau putih oriental.