Krisis Iklim: Gelombang Panas Melanda Kutub Utara dan Selatan

Penulis : Tim Betahita

Perubahan Iklim

Rabu, 23 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Gelombang panas terjadi secara mengejutkan terjadi di kutub utara dan selatan pada pekan ketiga Maret 2022. Fenomena ini belum pernah terjadi sebelumnya. Para ilmuwan pun memperingatkan hal ini sebagai tanda bahwa kerusakan iklim yang lebih cepat dan tiba-tiba.

Suhu di Antartika mencapai tingkat kenaikan suhu pada Minggu (21/3) dengan rekor 40C di atas normal di berbagai tempat. Pada saat bersamaan, stasiun cuaca di dekat kutub utara juga menunjukkan tanda-tanda pencairan, dengan suhu 30C di atas normal.

Biasanya pada bulan-bulan ini Antartika akan mendingin dengan cepat setelah musim panas, dan Arktik secara perlahan memulai musim dingin seiring bertambahnya hari. Pemanasan yang terjadi di kedua kutub ini sekaligus belum pernah terjadi sebelumnya.

Kenaikan suhu yang begitu cepat di kutub merupakan pertanda akan adanya gangguan pada sistem iklim Bumi. Tahun lalu, dalam bab pertama dari tinjauan komprehensif ilmu iklim, Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim memperingatkan sinyal pemanasan yang belum pernah terjadi sebelumnya telah terjadi, yang mengakibatkan beberapa perubahan – seperti pencairan kutub – yang dapat dengan cepat menjadi tidak dapat diperbaiki lagi.

Lautan es di Antartika. Foto: Unsplash

Tingkat bahayanya ganda. Gelombang panas di kutub adalah sinyal kuat dari kerusakan yang ditimbulkan umat manusia pada iklim; dan melelehnya es dapat memicu perubahan beruntun yang lebih lanjut. Ini semua akan mempercepat kerusakan iklim.

Saat es laut kutub mencair, khususnya di Kutub Utara, ia membuka laut gelap yang menyerap lebih banyak panas dibandingkan dengan es, yang semakin menghangatkan planet ini. Sebagian besar es Antartika menutupi daratan, dan pencairannya meningkatkan permukaan laut.

Michael Mann, direktur Earth System Science Centre di Pennsylvania State University, mengatakan bahwa cuaca ekstrem yang tercatat tersebut melebihi prediksi ke tingkat yang mengkhawatirkan.

“Pemanasan Arktik dan Antartika menimbulkan kekhawatiran, dan peningkatan peristiwa cuaca ekstrem – yang merupakan salah satu contohnya – juga memprihatinkan,” kata Mann dikutip The Guardian, Selasa, 22 Maret 2022.

“Model ini memproyeksikan pemanasan secara keseluruhan dengan baik, namun kami berpendapatan bahwa peristiwa ekstrem melebihi proyeksi model. Peristiwa ini mendorong adanya urgensi tindakan,” tambahnya.

Pola cuaca terbaru yang belum pernah terjadi sebelumnya mengikuti serangkaian gelombang panas yang mengkhawatirkan pada tahun 2021, terutama di barat laut Pasifik Amerika Serikat, di mana rekor sebelumnya terlampaui beberapa derajat saat suhu naik mendekati 50C.

Mark Maslin, profesor ilmu sistem bumi di University College London, mengatakan: “Saya dan rekan-rekan terkejut dengan jumlah dan tingkat keparahan peristiwa cuaca ekstrem pada tahun 2021 – yang tidak terduga pada pemanasan 1,2C. Sekarang kita memiliki rekor suhu di Kutub Utara yang, bagi saya, menunjukkan bahwa kita telah memasuki fase ekstrim baru perubahan iklim jauh lebih awal dari yang kita duga.”

The Associated Press melaporkan bahwa satu stasiun cuaca di Antartika mengalahkan rekor sepanjang masanya dengan 15C, sementara stasiun pantai lain yang digunakan untuk deep freeze pada saat ini adalah 7C di atas titik beku. Di Kutub Utara, sementara itu, beberapa bagian lebih hangat 30 derajat Celcius dari rata-rata.

The Guardian