Beri Izin Eksploitasi Tambang, Swedia Picu Kemarahan Aktivis

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Tambang

Minggu, 27 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Pada Selasa (22/3/2022) kemarin Pemerintah Swedia memutuskan untuk memberikan izin eksploitasi deposit bijih besi terbesar di negara Skandinavia yang belum dieksploitasi kepada Kallak, sebuah perusahaan yang berbasis di Swedia. Hal itu memicu kemarahan para pencinta lingkungan.

“Dengan mengatakan ya pada tambang, mereka mengatakan tidak pada hak masyarakat adat, lingkungan, iklim, dan masa depan kita bersama,” kata kelompok iklim Fridays for Future yang dibantu oleh aktivis lingkungan remaja Swedia Greta Thunberg.

Greta sendiri menuliskan di Twitter bahwa Swedia berpura-pura menjadi pemimpin untuk lingkungan dan hak asasi manusia, tetapi di dalam negeri mereka melanggar hak-hak adat dan terus mengobarkan perang terhadap alam.

Menteri Bisnis dan Industri Swedia Karl-Petter Thorwaldsson mengatakan, Tambang Besi Jokkmokk AB diberikan konsesi pemrosesan untuk Kallak tetapi menekankan ada serangkaian kondisi "jangkauan luas dan unik". Tujuannya, antara lain, adalah untuk memberikan kompensasi kepada desa-desa yang terkena dampak dari kelompok etnis Sami di wilayah Arktik Swedia.

Pada 2006, perusahaan Beowulf Mining diberi izin oleh agen Swedia Bergsstaten untuk mengeksplorasi kemungkinan penambangan bijih besi di Gállok (juga dikenal sebagai Kallak). Sampai 2020, oposisi mencegah dimulainya proyek tersebut./Foto: Ejatlas.org

"Terlepas dari kenyataan bahwa semua Desa Sami yang bersangkutan dengan jelas mengatakan tidak,” kata kelompok lingkungan itu di Twitter.

Kallak adalah perusahaan pertambangan di Swedia utara yang berlokasi sekitar 40 kilometer (25 mil) barat Kota Jokkmokk, yang terletak tepat di utara Lingkaran Arktik dan menampung parlemen Sami. Kelompok etnis nomaden ini sebagian besar hidup dengan gaya hidup modern tetapi masih memelihara rusa kutub dan beberapa masih mengenakan pakaian nasional tradisional berwarna cerah.

Dalam pernyataan terpisah, CEO Beowulf Mining PLC Kurt Budge mengatakan ambisinya adalah membangun tambang yang paling berkelanjutan. Jokkmokk Iron Mines AB adalah nama anak perusahaan Inggris yang dimiliki sepenuhnya oleh Beowulf Mining di Swedia.

“Penghargaan konsesi hanyalah tonggak sejarah yang telah lama ditunggu-tunggu di garis waktu pengembangan dan kami sekarang menantikan izin lingkungan,” katanya.

Selama bertahun-tahun, baik industri rusa kutub maupun gerakan lingkungan bekerja untuk mencegah rencana Beowulf Mining untuk membuka tambang di dekat Jokkmokk, kata penyiar Swedia SVT. Kasus ini telah diadili oleh beberapa otoritas dan badan yang berbeda--tetapi pada akhirnya, masalah tersebut mendarat di piring pemerintah.

AP News