WHO: 99% Populasi Dunia Menghirup Udara Berkualitas Buruk

Penulis : Kennial Laia

Lingkungan

Selasa, 05 April 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hampir semua orang di dunia menghirup udara yang tidak memenuhi standar kualitas yang baik. Artinya, kesehatan manusia terus mendapat ancaman, seperti penyakit pernapasan, jantung, dan jutaan kematian setiap tahunnya.

Dalam pernyataan resminya, Senin, 4 April 2022, WHO menyerukan pentingnya membatasi penggunaan bahan bakar fosil dan mengambil langkah nyata lainnya untuk mengurangi tingkat polusi udara di berbagai negara.  

WHO mencatat bahwa saat ini lebih dari 6.000 kota di 117 negara telah memantau kualitas udara. Akan tetapi orang-orang yang tinggal di dalamnya masih menghirup tingkat partikel halus dan nitrogen dioksida yang tidak sehat. Negara berpenghasilan rendah dan menengah menderita paparan tertinggi.

Berdasarkan data tersebut, WHO mengatakan bahwa 99% dari populasi global menghirup udara yang melebihi batas kualitas udara. Seringkali penuh dengan partikel yang dapat menembus jauh ke dalam paru-paru, masuk ke pembuluh darah dan arteri, dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Salah satu sumber polusi udara berasal dari pembakaran batu bara di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang menghasilkan listrik untuk kebutuhan manusia. Foto: PBB

Kualitas udara paling buruk terpantau di wilayah Mediterania Timur dan Asia Tenggara, diikuti oleh Afrika.  

“Setelah selamat dari pandemi, tidak dapat diterima untuk tetap memiliki 7 juta kematian yang dapat dicegah dan tahun-tahun kesehatan yang hilang yang tak terhitung jumlahnya yang dapat dicegah karena polusi udara,” kata Dr. Maria Neira, kepala departemen lingkungan, perubahan iklim, dan kesehatan WHO, dalam rilis resmi, Senin, 4 April 2022.

"Namun saat ini terlalu banyak investasi yang masih tenggelam ke dalam lingkungan yang tercemar daripada di udara yang bersih dan sehat." 

Basis data WHO, yang secara tradisional mempertimbangkan dua jenis partikel yang dikenal sebagai PM2.5 dan PM10, untuk pertama kalinya memasukkan pengukuran nitrogen dioksida di tanah. Versi terakhir dari database dikeluarkan pada tahun 2018.

Nitrogen dioksida terutama berasal dari pembakaran bahan bakar yang dihasilkan manusia, seperti melalui lalu lintas mobil, dan paling umum di daerah perkotaan. Paparan dapat membawa penyakit pernapasan seperti asma dan gejala seperti batuk, mengi dan kesulitan bernapas, dan lebih banyak rawat inap dan ruang gawat darurat, kata WHO. Konsentrasi tertinggi ditemukan di wilayah Mediterania timur. 

Materi partikulat berasal dari banyak sumber, seperti transportasi, pembangkit listrik, pertanian, pembakaran limbah dan industri – serta dari sumber alami seperti debu gurun. Negara dengan ekonomi berkembang terdampak paling parah. India memiliki tingkat PM10 yang tinggi, sementara China menunjukkan tingkat PM2.5 yang tinggi.

"Materi partikulat, terutama PM2.5, mampu menembus jauh ke dalam paru-paru dan memasuki aliran darah, menyebabkan dampak kardiovaskular, stroke, dan pernapasan," kata WHO. "Selain itu ada bukti yang muncul bahwa partikel berdampak pada organ lain dan menyebabkan penyakit lain juga."

WHO mencatat bahwa negara berpenghasilan tinggi memiliki kadar partikulat lebih rendah. Namun sebagian besar kotanya tetap bermasalah dengan nitrogen dioksida. 

Badan tersebut merekomendasikan langkah yang dapat diambil setiap pemerintah di dunia. Termasuk mengadopsi atau merevisi dan menerapkan standar kualitas udara nasional sesuai dengan Pedoman Kualitas Udara Terbaru WHO. 

Selain itu, langkah lainnya adalah memantau dan mengidentifikasi sumber polusi udara, dan mendukung transisi ke penggunaan eksklusif energi bersih untuk rumah tangga, terutama dalam memasak dan penerangan. Pemerintah juga didorong untuk membangun sistem transportasi umum yang aman dan terjangkau serta jaringan yang ramah bagi pejalan kaki dan pesepeda.