Lumpur Selamatkan Populasi Badak Bercula Satu di India

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 06 April 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Populasi badak bercula satu yang langka yang berkeliaran di Taman Nasional Kaziranga di timur laut India telah meningkat jumlahnya, berkat upaya polisi yang lebih kuat melawan perburuan dan lumpur buatan yang menjaga hewan-hewan itu aman dari banjir.

Keberhasilan upaya konservasi itu membantu meningkatkan populasi badak di taman nasional itu hingga 200 ekor dalam empat tahun terakhir, menurut angka sensus yang dirilis oleh otoritas Taman Nasional Kaziranga pekan lalu.

Hampir 400 pria yang menggunakan 50 gajah jinak dan pesawat tak berawak memindai wilayah taman nasional seluas 500 kilometer persegi (190 mil persegi) pada Maret lalu dan menemukan jumlah badak meningkat lebih dari 12 persen--menetralkan ancaman parah terhadap hewan dari gerombolan perburuan dan banjir musim.

“Dari hitungan terakhir pada tahun 2018, jumlah badak bercula satu yang langka di taman kami telah meningkat 200. Jumlah spesies ini di Kaziranga sekarang mencapai 2.613,” kata Direktur Taman Nasional Kaziranga, Jatindra Sarma.

Badak bercula satu berjalan dengan anaknya di Taman Nasional Kaziranga, di negara bagian Assam, India timur laut./Foto: AP/Anupam Nath

“Perburuan liar telah menurun dalam beberapa tahun terakhir dengan hanya satu badak yang terbunuh sepanjang tahun ini,” kata S. Gogoi, seorang pejabat satwa liar.

Pemburu membunuh badak untuk diambil culanya--yang diyakini memiliki sifat afrodisiak dan sangat diminati di pasar klandestin di Asia Tenggara.

Banjir muson juga telah membunuh hewan dari beberapa spesies di Kaziranga, yang tersebar di dataran banjir Sungai Brahmaputra di negara bagian Assam. Pihak berwenang telah membangun platform lumpur yang tinggi di mana badak berlindung dengan penjaga yang memberi mereka makanan untuk bertahan hidup selama musim hujan.

Satuan tugas polisi yang dilantik tahun lalu dipersenjatai dengan senjata secanggih yang dibawa oleh para pemburu liar, kata GP Singh, seorang perwira tinggi polisi yang memimpin pasukan itu. Penjaga hutan dan penjaga keamanan membawa senjata usang sambil melindungi taman di masa lalu.

Perburuan di Kaziranga memuncak pada 2013 dan 2014 dengan 27 badak dibunuh setiap tahun. Itu turun menjadi enam pada 2017, tujuh pada 2018, tiga pada 2019, dua pada 2020 dan satu pada 2021.

Kaziranga adalah kawasan taman nasional berusia lebih dari satu abad dan merupakan situs warisan UNESCO. Taman nasional ini juga merupakan tempat berkembang biak gajah, kerbau liar, dan rusa rawa, dan upaya konservasi juga telah membantu meningkatkan populasi harimaunya.

AP News