Perusahaan Energi Angin AS Mengaku Bersalah Bunuh 150 Ekor Elang

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 12 April 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebuah perusahaan energi angin Amerika yang mengaku bersalah atas tuntutan pidana federal, setelah setidaknya mengakibatkan 150 ekor elang terbunuh yang sebagian besar diretas oleh bilah turbin, telah setuju untuk menghabiskan sebanyak US$27 juta untuk upaya mencegah lebih banyak kematian.

Departemen Kehakiman AS menyebutkan, ESI Energy Inc., anak perusahaan NextEra Energy Inc. (NEE.N), salah satu penyedia energi terbarukan terbesar di AS, menandatangani perjanjian pembelaan atas pelanggaran Migratory Bird Treaty Act (MBTA).

Membunuh atau menyakiti elang di bawah hukum federal adalah ilegal. Menurut dokumen pengadilan, sebagian besar dari mereka yang tewas adalah elang emas, simbol nasional Afghanistan, Meksiko, Mesir, Jerman dan Skotlandia, meskipun beberapa elang botak, simbol nasional Amerika Serikat.

Elang botak, burung agung yang pernah terancam oleh penggunaan insektisida DDT untuk membantu mengendalikan penyakit selama Perang Dunia Kedua, telah cukup pulih sehingga spesies tersebut dikeluarkan dari daftar nasional yang terancam punah dan terancam pada 2007.

Elang botak musim dingin membubung di atas Sungai Hudson saat memancing di dekat Newburgh, New York, AS, 31 Januari 2022./Foto: REUTERS/Mike Segar.

Elang emas, burung coklat tua dengan bulu berwarna emas di bagian belakang kepala dan leher, belum pulih dengan baik, mendapat tekanan termasuk dari ladang angin, tabrakan dengan kendaraan, perusakan habitat dan penembakan ilegal.

Kembalinya kedua spesies di Amerika Serikat ini juga telah diperlambat baru-baru ini oleh keracunan timbal dari menelan peluru pemburu yang tersisa di sisa-sisa satwa liar yang mereka cari.

US Fish and Wildlife Service pada hari Kamis mengatakan ada sekitar 316.700 individu elang botak di seluruh Amerika Serikat, tidak termasuk Alaska dan Hawaii, dan diperkirakan 40.000 elang emas, terutama di negara bagian Barat.

"ESI lebih lanjut mengakui bahwa setidaknya 150 elang botak dan elang emas telah mati secara total sejak 2012, di 50 dari 154 fasilitas energi anginnya," kata Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan.

Disebutkan, 136 dari kematian itu telah dipastikan disebabkan oleh elang yang dipukul oleh bilah turbin angin. Fasilitas pembangkit angin perusahaan AS berlokasi di Wyoming, New Mexico, Arizona, California, Illinois, North Dakota, Michigan, dan negara bagian lainnya.

Sebagai bagian dari kesepakatan pembelaan, perusahaan itu dijatuhi hukuman pada hari Selasa di Cheyenne, Wyoming, untuk membayar denda dan restitusi lebih dari US$8 juta. Itu juga setuju untuk mengajukan izin yang memungkinkan "pengambilan yang tidak dapat dihindari" dari elang di fasilitasnya. Dan, perusahaan setuju untuk membayar US$29.623 setiap kali seekor elang terbunuh atau terluka di masa depan.

Akhirnya, perusahaan setuju untuk membayar hingga US$27 juta untuk tindakan yang dimaksudkan untuk meminimalkan kematian di masa depan. Itu termasuk mematikan turbin pada saat elang lebih mungkin hadir, menurut media.

Departemen Kehakiman merujuk pertanyaan Reuters tentang kasus ini ke Dinas Perikanan dan Margasatwa AS, dan juru bicara FWS pada hari Kamis menolak mengomentari kasus tersebut.

Presiden dan CEO NextEra Rebecca Kujawa mengatakan bahwa ketika dunia bergerak untuk mengalihkan ketergantungan energinya ke sumber-sumber terbarukan, lebih banyak beralih ke panel surya, turbin angin, dan alternatif lain, tabrakan dengan burung adalah kecelakaan yang tidak dapat dihindari.

"Kenyataannya adalah membangun struktur apa pun, mengendarai kendaraan apa pun, atau menerbangkan pesawat apa pun yang membawa kemungkinan bahwa tabrakan elang dan burung lain yang tidak disengaja dapat terjadi sebagai akibat dari aktivitas itu," kata Kujawa dalam sebuah pernyataan.

REUTERS