Kala Janji Cop26 Diingkari, Rebahnya Hutan Tak Pernah Berhenti

Penulis : Tim Betahita

Hutan

Rabu, 04 Mei 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Percuma. Itu mungkin kata yang tepat untuk mendeskripsikan hasil pertemuan tingkat tinggi negara-negara demi pembatasan perubahan iklim COP26, beberapa waktu lalu.

Dalam pengamatan terbarunya, WRI mengungkap bahwa janji negara-negara untuk penghentian deforestasi merupakan janji palsu. Sebab temuan menunjukkan wilayah tropis dunia -yang membentang dari Brazil, Indonesia hingga Kongo telah kehilangan 11,1 juta hektar tutupan hutannya, pada tahun lalu. Termasuk 3,75 juta hektar hutan primer dunia yang penting untuk membatasi pemanasan global dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Para ahli menyebut hilangnya hutan yang berkelanjutan sebagai bencana bagi pemanasan global. Merekamengatakan 143 pemerintah yang berjanji untuk menghentikan dan mengembalikan hilangnya hutan pada tahun 2030 di Cop26 yang diadakan di Glasgow, merupakan pihak-pihak yang bertanggung jawab.

Negara-negara yang kehilangan hutan hujannya pada 2021, antara lain, Brasil, Republik Demokratik Kongo, Bolivia, Indonesia, dan Peru. Negara tersebut menempati urutan lima teratas.

Foto udara hutan hujan tropis di Tanah Papua. Foto: thegeckoproject

Rod Taylor, Direktur Global Program hutan di Institut Sumber Daya Dunia (WRI), yang menyusun laporan tersebut, mengatakan sementara tingkat kehilangan hutan global tampaknya datar, mereka perlu menurun secara dramatis agar dunia dapat memenuhi target iklim.

“Ketika Anda melihat statistik tahun-ke-tahun yang tidak berubah, Anda dapat menyimpulkan bahwa mereka tidak benar-benar menawarkan berita utama yang layak diberitakan. Tetapi ketika sampai pada hilangnya hutan tropis primer, tingkat yang terus-menerus terkait dengan iklim, krisis kepunahan dan nasib banyak orang pertama. Tingkat kerugian yang tinggi terus berlanjut meskipun ada janji dari negara dan perusahaan, ”kata Taylor.

Kebakaran hutan, kenaikan suhu dan pembukaan lahan mempengaruhi ketahanan hutan di seluruh dunia. Bukti keras menunjukkan adanya bagian-bagian di Hutan Amazon berada dalam bahaya konversi. Bahkan sebuah ungkapkan menyebutan bahwa Amazon bersiap berubah dari hutan hujan ke padang sabana.

Menurut angka-angka, ada lonjakan deforestasi yang mengkhawatirkan di Amazon Brasil bagian barat, terkait dengan pembukaan skala besar untuk padang rumput ternak di sepanjang jalan yang ada.

Saat dikonfirmasi Guardian, juru bicara pemerintah Brasil mengatakan mereka berkomitmen pada perjanjian hutan Glasgow yang bertujuan untuk menghilangkan deforestasi ilegal pada tahun 2028, dan telah mendedikasikan sumber daya tambahan untuk memenuhi target.

Sementara itu di Kongo, Perluasan pertanian skala kecil dan pemanenan pohon untuk memenuhi kebutuhan energi mendorong hilangnya hutan di sana. Sedangkan hutan di Bolivia mengalami rekor hilangnya hutan primer karena pertanian dan kebakaran, termasuk di kawasan lindung.

Frances Seymour, Rekanan senior di WRI, mengatakan angka deforetasi pada 2021 harus diambil sebagai dasar untuk menilai janji Cop26. Angka itu memperingatkan bahwa negara-negara yang mengambil tindakan tidak menerima cukup dukungan keuangan.

“Kami memiliki data selama 20 tahun yang menunjukkan hilangnya jutaan hektar hutan tropis primer saja setiap tahun. Tetapi kami tidak kehabisan jari menghitung jumlah tahun yang tersisa untuk menurunkan angka itu menjadi nol. Kita sudah tahu bahwa kerugian seperti itu adalah bencana bagi iklim. Mereka adalah bencana bagi keanekaragaman hayati. Mereka adalah bencana bagi masyarakat adat dan komunitas lokal,” kata Seymour.

Cerita Baru Hancurnya Hutan Papua

Sementara itu, surga keanekaragaman hayati, kekayaan budaya masyarakat adat dan tangkapan karbon di wilayah paling timur Indonesia dalam ancaman. Kali ini ancaman itu datang dari perusahaan asal Korea Selatan yang terindikasi melakukan penghancuran hutan alam untuk produksi serpihan kayu pembuatan kertas yang dicap sebagai produk yang lestari dan beretika kepada konsumen di seluruh Dunia.

Penghancuran hutan itu diungkap secara terperinci dalam sebuah investigasi terbaru "Mencampakkan Hutan Hujan Terakhir: Bagaimana Harta Karun Papua Berakhir di Pembuangan sebagai Sampah Kertas" yang diterbitkan Environmental Paper Network (EPN), Mighty Earth, Pusaka, Solutions for Our Climate (SFOC), Korean Federation for Environmental Movement (KFEM) dan Advocates for Public Interest Law (APIL).

Tudingan perusakan hutan alam ini mengarah pada Moorim Paper. Perusahaan Korea Selatan ini--melalui anak perusahaannya PT Plasma Nutfah Marind Papua (PNMP)--diduga telah membabat hutan seluas 6 ribu hektare dalam rentang waktu 7 tahun, 2015 hingga 2021. Keberadaan perusahaan ini menjadikannya salah satu ancaman terbesar bagi hutan hujan di wilayah tersebut.

PT PNMP beroperasi di dekat Desa Buepe, Distrik Okaba dan Distrik Kaptel, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Di sana mereka menggunduli tumbuhan lokal dan menanam pohon akasia (Acacia mangium) dan kayu putih (Eucalyptus pelita).

Diperkirakan akan lebih banyak lagi hutan alam yang dihancurkan di tahun-tahun mendatang. Lantaran konsesi ini membentang lebih dari 64.050 hektare dan mencakup hutan alami dan bahkan sebagian hutan primer, lahan basah aluvial musiman, dan biomasa lainnya.

Menurut Global Forest Watch, sebelum penggundulan dimulai, konsesi milik PT PNMP mencakup hutan yang lebat. Lahan mereka termasuk 54.800 hektare hutan alami dan 9.610 hektare habitat lainnya, seperti padang rumput dan lahan basah aluvial musiman yang juga penting dikonservasi. Peta dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menandakan adanya hutan tanah kering primer dan hutan sekunder--baik rawa maupun tanah kering--di wilayah konsesi.

Konsesi ini terletak di pusat keanekaragaman hayati kunci yang sensitif, memiliki dua wilayah ekologis diidentifikasi oleh World Wildlife Fund (WWF) sebagai hutan rawa air tawar Papua Selatan dan hutan hujan dataran rendah Papua Selatan--yang disebut terakhir merupakan salah satu dari 200 lingkungan kunci terpenting di dunia. Seluruh konsesi ini merupakan bagian dari wilayah ekologis Trans-Fly yang memiliki status Warisan Dunia sebagai wilayah campuran alam dan kultural.

Wilayah tersebut merupakan pusat keanekaragaman hayati kunci. Di mana hutan, rawa, dan padang rumput bersatu dalam ekosistem unik dan rentan, yang bercirikan perubahan aluvial. Di dalam hutan-hutan ini, kanguru pohon yang cerdik melompat dari dahan ke dahan, sementara burung kasuari berlarian di bawahnya dengan bulu kasar khas mereka.

Wilayah ini juga merupakan rumah bagi 40 spesies mamalia, 30 spesies reptil, dan 130 spesies ikan yang semuanya termasuk dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Surga ini sedang dimusnahkan untuk memproduksi serpihan kayu untuk pembuatan bahan kertas.