Deforestasi Amazon Ancam Spesies Ikan yang Baru Ditemukan

Jumat, 20 Mei 2022

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID -  Peneliti Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian, Murilo Pastana dan rekan-rekannya telah menemukan dan mendeskripsikan dua spesies baru ikan Amazon--satu dengan sirip merah-oranye yang mencolok dan yang lainnya sangat kecil sehingga secara teknis dianggap sebagai spesies ikan mini--dalam sebuah makalah yang diterbitkan Senin (16/5/2022), di Jurnal Zoologi Linnean Society.

Kedua spesies mendiami perairan yang terletak di tepi daerah perambahan manusia ke dalam hutan hujan Amazon kira-kira 25 mil sebelah utara kota Apuí di Brasil. Pastana dan rekan penulisnya, Willian Ohara dengan Universitas Federal Rondônia dan Priscila Camelier dengan Universitas Federal Bahia mengatakan, penggundulan hutan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut menempatkan ikan sepanjang kira-kira satu inci ini, bagian dari kelompok yang dikenal sebagai ikan Amerika Selatan anak panah, dalam bahaya kepunahan.

Secara khusus, yang lebih berwarna dari dua spesies, Poecilocharax callipterus, terancam karena jangkauannya yang diketahui terbatas pada satu aliran yang terdiri dari sekitar 1,5 mil persegi habitat.

"Sangat menyenangkan menemukan spesies baru. Tapi di lapangan, kami melihat hutan terbakar, truk penebang kayu membawa pohon besar, dan petak-petak yang dibuka berubah menjadi padang rumput ternak. Ini membuat kami merasa sangat mendesak untuk mendokumentasikan spesies ini dan menerbitkan makalah ini secepat mungkin," kata Pastana.

Kedua spesies mendiami perairan yang terletak di wilayah perambahan manusia ke dalam hutan hujan Amazon kira-kira 25 mil sebelah utara Kota Apuí di Brasil./Foto: Murilo NL Pastana & Willian M. Ohara

Sebagai ilmuwan kelahiran Brasil, Pastana bersemangat untuk melestarikan warisan biologis negara, dan harapannya adalah penamaan dan deskripsi spesies ini dapat memotivasi pemerintah Brasil untuk melindungi dan melestarikan ikan yang baru ditemukan dan terancam punah ini.

Subfamili kecil tempat spesies ikan yang sebelumnya tidak dikenal ini juga sangat diminati di pasar penghobi akuarium. Pastana mengatakan bahwa perdagangan ikan akuarium yang eksotis dapat menimbulkan ancaman lain bagi dua spesies baru ini bahkan ketika para ilmuwan pertama kali secara resmi mengidentifikasi mereka dan mempelajari keberadaan mereka.

Ekspedisi yang menemukan spesies air tawar baru ini berlangsung antara 2015 dan 2016. Pastana mengatakan tujuan luas dari perampokan ke Amazon Brasil ini adalah untuk mencari harta biologis yang masih belum diketahui dari banyak saluran air di Lembah Sungai Madeira, lembah sungai terkaya di dunia dalam hal keanekaragaman hayati ikan menurut perkiraan 2019.

"Kami pergi ke tempat-tempat sampel yang belum pernah dikunjungi oleh para ilmuwan. Area ini sangat penting karena ini adalah salah satu perbatasan di mana deforestasi bergerak ke utara--perbatasan antara kota-kota baru dan hutan asli," ujar Pastana.

Wilayah Apuí tempat survei ilmiah ini berlangsung berada di urutan kedua dalam daftar kotamadya Brasil yang baru-baru ini memiliki tingkat deforestasi tertinggi. Ironisnya, jalan yang sama yang memfasilitasi hilangnya habitat yang semakin cepat di kawasan itu juga memfasilitasi akses ke sungai, kolam, dan anak sungai yang sebelumnya tidak dapat dijangkau untuk Pastana dan rekan-rekannya.

Jadi, pada 2015 dan 2016 Pastana dan yang lainnya berkemah di sepanjang jalan yang disebut AM-174 dan mengumpulkan ikan menggunakan jaring, jebakan, dan metode lainnya. Semua spesimen difoto, dikatalogkan, dan diawetkan untuk studi lebih lanjut di Museum Zoologi, Universitas São Paulo.

Pastana mengatakan, salah satu spesimen ini memiliki sirip merah-oranye yang jelas dan bintik hitam yang khas tepat di depan ekornya. Ikan ini langsung menonjol sebagai spesies baru. Ikan, yang sekarang diberi nama P. callipterus, menghuni pinggiran yang oleh para ilmuwan disebut aliran air hitam, dinamakan demikian karena airnya diwarnai dengan warna kopi oleh tanin yang tercuci dari daun-daun yang jatuh.

Pejantan dari spesies ini memiliki warna yang lebih intens dan sirip punggung olahraga yang dapat melebihi setengah panjang tubuh mereka, yang rata-rata hanya lebih dari satu inci. Meskipun upaya yang ditargetkan untuk mencari spesies ini di daerah sekitarnya pada perjalanan pulang 2016, Pastana dan rekan-rekannya hanya dapat menemukan P. callipterus di sungai di mana ia pertama kali ditemukan.

Para peneliti menemukan spesies baru kedua yang didokumentasikan dalam ekspedisi lapangan ini di antara jalinan akar pohon yang menonjol dari tepi sungai berair berlumpur--berbeda dari aliran air hitam yang relatif tembus cahaya, jika diwarnai gelap. Diberi nama ilmiah P. rhizophilus karena kecintaannya (phil) pada akar (rhiz), spesies ini berwarna kuning kuning dengan jantan memiliki garis-garis gelap di sirip punggung dan duburnya.

Tapi mungkin kualitas paling khas dari spesies baru ini adalah ukurannya yang sangat kecil sehingga para ilmuwan menganggapnya sebagai miniatur, sebutan yang diberikan untuk ikan apa pun yang panjangnya kurang dari sekitar satu inci saat dewasa, kata Pastana. Dia menambahkan bahwa penelitian laboratorium mengungkapkan bahwa pada ikan sepanjang tiga perempat inci ini, bagian kerangka yang biasanya tulang terbuat dari tulang rawan.

Penyelidikan genetik mengkonfirmasi hubungan evolusioner dari dua spesies baru yang terkait erat ini dan kerabat mereka, sehingga jumlah total spesies dalam sub-famili kecil mereka (Crenuchinae) menjadi lima. Ini adalah penambahan pertama spesies baru ke dalam kelompok tersebut dalam 57 tahun.

Ikan-ikan ini, kata Pastana, seperti karya seni dan "kehilangan salah satu dari spesies ini seperti kehilangan mahakarya yang tak ternilai." Seperti karya agung dari Monet atau Picasso, setiap spesies penuh dengan detail tak tergantikan yang mungkin memiliki kemiripan dengan makhluk lain di Bumi, tetapi jika digabungkan benar-benar unik. Kepunahan akan menyebabkan semua detail itu, yang terbentuk selama jutaan tahun evolusi, berkedip.

"Anda akan kehilangan segalanya tentang spesies ini," katanya.

Phys.org