Memotong Drastis Emisi Metana Bisa Membantu Hindari Bencana Iklim

Penulis : Tim Betahita

Perubahan Iklim

Rabu, 25 Mei 2022

Editor : Kennial Laia

BETAHITA.ID -  Studi terbaru mengungkap pentingnya memangkas metana yang ada di atmosfer secara drastis. Pasalnya, pengurangan karbon dioksida semata dinilai tidak akan cukup untuk menjaga kenaikan suhu yang aman dan layak huni bagi manusia.

Karbon dioksida (CO2) merupakan gas rumah kaca penyumbang terbesar pemanasan global. Sebagian besar berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. Gas ini menjadi fokus utama komunitas internasional dalam mencegah kerusakan iklim.

Namun, gas rumah kaca lainnya juga memiliki efek pemanasan yang cukup besar. Jika diabaikan, dunia akan gagal menjaga suhu dalam batas yang diterima secara global, menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, Senin, 23 Mei 2022.

Studi ini menemukan bahwa pemotongan CO2 saja tidak dapat mencapai pengurangan yang dibutuhkan untuk tetap berada dalam 1.5 derajat Celcius suhu pra-industri.

Emisi gas metana berasal dari pembakaran gas selama produksi minyak dan gas. Foto: Leslie Von Pless via NASA

Sebaliknya, memotong metana dan “polutan iklim berumur pendek” (SCLP) lain seperti jelaga akan mengurangi efek pemanasan global dalam waktu dekat. Ini akan memberi dunia “kesempatan untuk berjuang” untuk mencegah bencana iklim, kata para ilmuwan. Efek pemanasan metana adalah 80 kali lipat CO2, meskipun cepat terdegradasi di atmosfer.

Prof Durwood Zaelke, presiden Institute for Governance and Sustainable Development (IGSD) yang berbasis di Washington, dan salah satu penulis makalah mengatakan, pemotongan metana menawarkan cara cepat untuk mengurangi pemanasan global di tengah upaya dunia mengejar pengurangan CO2 jangka panjang.

Kita tidak dapat menyelesaikan masalah iklim yang bergerak cepat dengan solusi yang bergerak lambat,” kata Zaelke, dikutip dari The Guardian, Selasa, 24 Mei 2022.

Zaelke menyerukan agar pemerintah di Eropa menetapkan bahwa setiap gas yang mereka impor untuk menggantikan pasokan dari Rusia harus berasal dari sumber dengan tingkat kebocoran metana yang rendah. “Ini adalah cara tercepat dan paling menjanjikan untuk melindungi planet ini selagi kita melakukan dekarbonisasi,” katanya.

Langkah lainnya adalah menutup kebocoran metana dari operasi minyak dan gas, termasuk sumur serpih, dan menghentikan praktik berbahaya seperti ventilasi atau pembakaran gas. Upaya ini tidak hanya layak secara teknis tetapi juga dapat sangat menguntungkan dengan harga gas saat ini.

Dr Gabrielle Dreyfus, kepala ilmuwan untuk IGSD, dan penulis utama makalah ini, mengatakan: “Ini adalah pesan optimis, karena kami memiliki strategi yang rendah atau tanpa biaya, tanpa atau intervensi berbiaya rendah, yang dapat memperlambat global pemanasan dalam waktu dekat yang kritis.” 

Emisi metana telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir, akibat kebocoran dan ventilasi dari eksplorasi minyak dan gas, dan sumur gas serpih, dan dari pemeliharaan ternak secara intensif untuk makanan. Awal tahun ini, International Energy Agency mengatakan banyak negara secara drastis melaporkan emisi metana mereka, dan bahwa masalah global jauh lebih buruk daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Makalah IGSD menunjukkan potensi besar untuk “mengulur waktu” untuk mengubah sistem energi dunia dengan berkonsentrasi pada pemotongan metana, dan SLCP lainnya termasuk jelaga, hidrofluorokarbon, ozon permukaan tanah. dan dinitrogen oksida.

Menurut penelitian, zat-zat ini berkontribusi hampir sama besarnya dengan pemanasan global seperti CO2. Meskipun kebanyakan hanya bertahan dalam waktu singkat di atmosfer.

Memotong CO2 masih penting untuk jangka panjang, tetapi harus disertai dengan strategi untuk mengurangi kadar SLCP. Jika tidak, maka suhu kemungkinan akan melebihi 2C di atas tingkat pra-industri, batas atas yang ditetapkan dalam perjanjian iklim Paris 2015. Hal ini berpotensi besar terjadi bahkan jika ada pemotongan ketat terhadap emisi CO2.

Menurut Dreyfus, pemotongan tajam metana dan SLCP lainnya dapat menurunkan suhu sebesar 0,26C pada 2050. Angka ini hampir empat kali lebih besar dari manfaat mengejar pengurangan CO2 saja, yang diperkirakan para ilmuwan akan menghasilkan penurunan suhu sebesar 0,07C pada 2050.

“Langkah-langkah yang ditargetkan non-CO2 ini jika dikombinasikan dengan dekarbonisasi dapat memberikan pendinginan bersih pada 2030, mengurangi tingkat pemanasan dari 2030 hingga 2050 sekitar 50%. Kira-kira setengahnya berasal dari metana, secara signifikan lebih besar ketimbang dekarbonisasi saja selama jangka waktu tersebut."

Makalah tersebut menemukan pentingnya "polutan non-karbon dioksida". Dan selama ini "kurang dihargai oleh para ilmuwan dan pembuat kebijakan dan sebagian besar diabaikan dalam upaya memerangi perubahan iklim".

Tahun lalu, sebelum KTT iklim Cop26, Amerika Serikat dan Uni Eropa meluncurkan janji global untuk mengurangi emisi metana hingga 30% pada 2030, yang kini telah dilakukan oleh lebih dari 100 pemerintah yang bertanggung jawab atas lebih dari setengah emisi tersebut. Namun, Rusia – yang memiliki beberapa emisi metana tertinggi di dunia, karena infrastruktur minyak dan gasnya yang bocor – tidak termasuk di antaranya.