Studi Perbandingan Set Data Iklim Asia Tengah Dipublikasikan

Penulis : Aryo Bhawono

Perubahan Iklim

Rabu, 25 Mei 2022

Editor : Kennial Laia

BETAHITA.ID -  Asia Tengah merupakan salah satu titik panas perubahan iklim. Bagian benua ini mengalami pemanasan yang signifikan di masa lalu dan kemungkinan besar akan mengalami lebih banyak gelombang panas dan peristiwa kekeringan di masa depan.

Selama ini kurangnya dataset proyeksi iklim beresolusi tinggi menimbulkan kesulitan untuk mempelajari potensi dampak perubahan iklim di masa depan di Asia Tengah, khususnya, sistem ekologi dan hidrologi.

Kini sebuah kelompok penelitian yang dipimpin oleh Prof. Feng Jinming dari Institut Fisika Atmosfer (IAP) dari Akademi Ilmu Pengetahuan China menghasilkan kumpulan data proyeksi iklim resolusi 9 Km di Asia Tengah berdasarkan hasil penurunan skala secara dinamis dari berbagai koreksi bias global. Model iklim ini disingkat HCPD-CA.

Dataset ini mencakup dua periode: 1986–2005 dan 2031–2050. Kumpulan data ini dikelola menggunakan skenario emisi RCP4.5, mencakup empat variabel geostatik, dan sepuluh elemen meteorologi. Hasilnya dapat digunakan untuk menggerakkan sebagian besar model ekologi dan hidrologi.

Proyeksi perubahan (2031-2050 vs 1986-2005) dalam enam indikator agroklimat di Asia Tengah. Kredit: Qiu Yuan

Kumpulan data proyeksi iklim ini dipublikasikan di Earth System Science Data.

Dalam penelitian tersebut kumpulan data HCPD-CA dievaluasi pada berbagai skala waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dataset memiliki akurasi yang tinggi dalam menggambarkan sejarah klimatologi di Asia Tengah.

Para peneliti menilai perubahan yang diproyeksikan (2031-2050 vs 1986-2005) dalam sepuluh elemen meteorologi. Mereka menemukan suhu udara permukaan, gelombang pendek downwelling dan radiasi gelombang panjang diperkirakan akan meningkat secara signifikan, dengan sedikit perubahan pada elemen lainnya.

Resolusi horisontal set data ini meningkat dari 30 Km menjadi 9 Km, yang sebagian besar meningkatkan akurasinya, terutama di daerah pegunungan. Beberapa model iklim global digunakan untuk mendorong model iklim regional, yang dapat mengurangi ketidakpastian dalam hasil yang diperkecil yang dibawa oleh data penggerak. 

Selain itu, klimatologi data penggerak dikoreksi bias dengan data analisis ulang, yang sebagian besar mengurangi bias dalam simulasi iklim regional.

Studi ini pun berupaya memahami dampak potensial dari perubahan iklim yang diproyeksikan pada pertanian lokal di Asia Tengah. Kelompok peneliti juga menghitung enam indikator agroklimatik dan menganalisis perubahan yang diproyeksikan (2031–2050 vs 1986–2005) dalam indikator-indikator ini. Studi terkait diterbitkan di Advances in Atmospheric Sciences.

"Indikator agroklimatik adalah proxy untuk pengaruh cuaca dan iklim pada kegiatan pertanian tertentu dan praktis dan dapat dimengerti oleh petani dan pembuat kebijakan," kata Jinming.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa panjang musim tanam (GSL), musim panas (SD), indeks durasi mantra hangat (WSDI), dan musim semi (TD) diproyeksikan meningkat secara signifikan. Sedangkan hari beku (FD) diproyeksikan menurun secara signifikan. 

"Oleh karena itu, pertama-tama kami menerapkan metode pemetaan kuantil untuk mengoreksi hasil yang diperkecil. Kami menemukan bahwa metode koreksi bias sebagian besar mengurangi bias pada indikator, yang membuat proyeksi lebih masuk akal," kata Dr. Qiu Yuan, penulis utama studi tersebut..

Dataset HCPD-CA dan dataset proyeksi resolusi tinggi dari indikator agroklimatik di Asia Tengah diarsipkan di Pusat Data Dataran Tinggi Nasional Tibet.