Peringatan Kebakaran Parah di Amerika Serikat Bagian Barat Daya

Penulis : Aryo Bhawono

Karhutla

Senin, 30 Mei 2022

Editor : Kennial Laia

BETAHITA.ID -  Peringatan kebakaran parah menyelimuti sebagian besar kawasan Amerika Serikat barat daya pada hari Sabtu lalu (28/5/2022). Ancaman kebakaran ini diberikan saat personel pemadam bekerja menghentikan merembetnya kebakaran hutan terbesar di negara itu.

Api sudah menjalar selama tujuh pekan ini tercatat sebagai kebakaran terbesar dalam sejarah New Mexico. Hutan seluas 491 mil persegi (1.272 kilometer persegi) di daerah berbatu di timur Santa Fe sejak dimulai pada April.

Para kru berpatroli di sebagian area yang terbakar dan membersihkan serta memotong jalur penahanan, termasuk area utama di dekat api saat buldoser mengikis jalur cadangan.

Layanan Cuaca Nasional (National Weather Service) mengeluarkan peringatan bendera merah tentang kondisi kebakaran parah untuk beberapa bagian Arizona, Colorado, Kansas, Nevada, New Mexico, Oklahoma, Texas, dan Utah. Kondisi tersebut merupakan kombinasi dari angin kencang, kelembaban relatif rendah dan vegetasi kering.

Kebakaran hutan dunia dilihat dari Angkasa. (Astro_Megan via Space Station)

Kembalinya cuaca yang lebih kering dan lebih hangat dengan angin kencang menimbulkan ancaman peningkatan aktivitas kebakaran selama akhir pekan Memorial Day. Kondisi ini mendorong para pejabat mendesak masyarakat untuk mengamankan jalur kendaraan dan berhati-hati dengan kemungkinan sumber api.

"Hal terakhir yang kami butuhkan saat ini adalah api lain," kata Jayson Coil, kepala bagian operasi Layanan Cuaca Nasional AS seperti dikutip dari APNews.

Prakiraan cuaca menyebutkan hembusan angin mencapai 80 kilometer per jam (kph), dengan kondisi kebakaran kritis berlanjut hingga Senin. Kondisi ini diikuti oleh cuaca yang lebih baik di akhir minggu mendatang, kata Bruno Rodriguez, ahli meteorologi tim manajemen kebakaran.

Angin kencang membuat api membesar dan menjalar melewati garis penahan, serta melaju ke depan, kata John Chest, seorang manajer operasi kebakaran.

“Bayangkan bepergian dengan mobil Anda dan api bisa melebihi Anda. Itulah jenis perilaku kebakaran ekstrem yang sedang kita bicarakan, ”kata Chest.

Hampir 3.000 petugas pemadam kebakaran dan personel lainnya ditugaskan untuk memadamkan api. Mereka menguasai sekitar 48 persen dari perimeternya.

Perkiraan awal mengatakan api telah menghancurkan setidaknya 330 rumah tetapi pejabat negara memperkirakan jumlah rumah dan bangunan lain yang terbakar akan meningkat menjadi lebih dari 1.000 karena penilaian lebih lanjut dilakukan.

Di tempat lain, 150 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan api yang dipicu angin yang membakar 9 mil persegi (24 kilometer persegi) rumput, semak belukar dan pohon tamarisk sekitar 14 mil di barat daya Parker, Arizona. Angin hingga 30 mph memaksa kobaran api California menjalar melewati Sungai Colorado ke Arizona pada Sabtu sore (28/5/2022).

Kebakaran memaksa evakuasi sebuah taman kendaraan rekreasi setelah mulai Kamis dan 44% berhasil dipadamkan, kata para pejabat. Penyebab kebakaran sedang diselidiki.