Polusi Suara Ganggu Perkembangan Ingatan dan Konsentrasi Anak

Penulis : Tim Betahita

Lingkungan

Senin, 06 Juni 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Penelitian terbaru mengungkap kebisingan lalu lintas secara signifikan memperlambat memori penting dan kemampuan konsentrasi pada anak sekolah dasar.

Studi tersebut mempelajari hampir 2.700 anak berusia antara tujuh dan 10 tahun di 38 sekolah di Barcelona, Spanyol. Para peneliti juga mengklaim bahwa ini kali pertama penilaian dampak kebisingan lalu lintas terhadap perkembangan kognitif anak dilakukan.  

Anak-anak dalam penelitian ini berada dalam tahap kritis untuk pengembangan memori dan keterampilan konsentrasi, yang penting untuk belajar.

Penelitian menemukan bahwa anak-anak yang terpapar lalu lintas sekitar tiga kali lebih banyak di jalan dibandingkan murid lain memiliki perkembangan memori yang 23% lebih lambat dan perkembangan kemampuan perhatian 5% lebih lambat selama setahun.

Studi terbaru yang meneliti 2.700 anak sekolah di Barcelona, Spanyol, mengungkap bahwa polusi suara dari lalu lintas mengganggu perkembangan ingatan dan kemampuan konsentrasi pada anak berusia antara tujuh dan 10 tahun. Foto: Kenny Eliason/Unsplash

Kebisingan adalah faktor lingkungan kedua yang paling merusak kesehatan, setelah polusi udara, dan telah diketahui meningkatkan serangan jantung dan diabetes pada orang dewasa.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada bulan Februari bahwa polusi suara perkotaan tumbuh menjadi "ancaman kesehatan masyarakat global", yang menyebabkan 12.000 kematian dini per tahun di Uni Eropa, dan mempengaruhi banyak kota mulai dari Bangkok hingga New York.

Namun penelitian tentang dampak kebisingan jalan pada anak-anak hanya diketahui baru-baru ini. Para ilmuwan mengatakan banyak sekolah mengalami polusi udara dan langkah-langkah seperti mengalihkan lalu lintas dari sekolah dapat membantu mengurangi kebisingan dan polusi udara.

“Kami tidak menyukai fakta bahwa kebisingan bisa menjadi racun dari sudut pandang fisik,” kata Dr Maria Foraster, dari Barcelona Institute for Global Health, yang memimpin studi tersebut.

“Kami pikir manusia dapat beradaptasi dengannya, tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu tidak sepenuhnya - kita masih memiliki respons fisiologis."

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa puncak kebisingan yang terdengar di dalam kelas, seperti truk yang lewat atau kendaraan yang melaju menjauh dari lampu lalu lintas, memiliki dampak yang lebih besar ketimbang tingkat kebisingan rata-rata yang lebih tinggi.

Menurut Foraster, hal ini mungkin karena puncak mengalihkan perhatian lebih banyak, dan penting karena kebijakan saat ini hanya didasarkan pada desibel rata-rata.

Para ilmuwan juga menemukan tingkat kebisingan yang lebih tinggi di sekolah lebih merusak daripada di rumah. “Ini bisa jadi karena mempengaruhi jendela konsentrasi dan proses belajar yang rentan,” katanya.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Medicine, menguji anak-anak empat kali dalam setahun dan mengukur tingkat kebisingan di luar sekolah dan di dalam kelas. Tes tersebut menilai perhatian – kemampuan untuk fokus pada tugas tertentu – dan memori kerja, yang merupakan kemampuan untuk menyimpan informasi dalam pikiran dan menggunakannya.

“Dua fungsi ini penting untuk belajar dan berkembang sangat pesat selama tahun-tahun sekolah dasar,” kata Foraster. Mereka mendukung pemecahan masalah, penalaran, matematika dan pemahaman bahasa.

Para ilmuwan menyimpulkan: “Kebijakan untuk mengurangi kebisingan lalu lintas di sekolah – di luar dan di dalam ruang kelas – secara substansial dapat bermanfaat bagi perkembangan kognitif dan kesehatan di masa depan.”

Kebisingan mempengaruhi sejumlah besar orang, dengan setidaknya 20% dari populasi Uni Eropa menderita tingkat kebisingan lalu lintas yang berbahaya bagi kesehatan. Proporsinya jauh lebih tinggi di kota-kota.

Para ilmuwan tidak memiliki data tentang paparan kebisingan anak-anak sebelum penelitian dimulai, tetapi hampir semua dari mereka telah bersekolah di sekolah yang sama setidaknya selama satu tahun. Studi ini memperhitungkan efek polusi udara dan tingkat pendapatan keluarga dan pendidikan.

Para ilmuwan dalam penelitian tersebut berharap dapat melihat temuan mereka direplikasi di kota-kota yang berbeda, di mana sekolah dapat dibangun secara berbeda dan jendela dibuka lebih sering atau lebih jarang.

 

The Guardian