Seekor Paus Sepanjang 12 Meter Terdampar di Buru Selatan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 06 September 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Seekor paus sepanjang sekitar 12 meter ditemukan mati terdampar di pesisir pantai Desa Terkuri Kecamatan Leksula, Kabupaten Buru Selatan. Khawatir akan menimbulkan penyakit bagi warga, bangkai paus tersebut kemudian dievakuasi oleh Polres setempat.

Saat ditemukan, mamalia laut ini masih dalam keadaan hidup, akan tetapi pada saat akan dilakukan evakuasi kondisi air laut sedang surut dan sulit untuk dilakukan evakuasi ke laut, karena bobot dan dimensi tubuh paus itu besar. Setelah air laut pasang dan akan dilakukan proses evakuasi, diketahui ikan tersebut ternyata telah mati.

"Berhubung bangkai ikan tersebut apabila dibiarkan akan menimbulkan penyakit bagi warga sekitar, kami dan warga akan menguburkan bangkai paus tersebut dan mencari lokasi yang jauh dari pemukiman," kata AKBP Agung Gumilar, Kapolres Buru Selatan, dikutip dari Antara, Senin (5/9/2022).

Agung mengatakan, pihaknya masih membahas lokasi yang aman dan tepat untuk tempat menguburkan bangkai paus itu dengan Loka Pengenalan Sistem Pendidikan dan Lingkungan (PSPL) Serang Cabang Ambon Uni Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan serta warga setempat.

Ikan paus terdampar dengan panjang 12 meter, di pantai Desa Terkuri, Buru Selatan, Minggu./Foto: Polres Bursel

Menurut Agung, setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan adanya luka apapun pada tubuh paus terdampat itu. Hingga ditemukan bangkai paus itu masih dalam keadaan utuh dan untuk sementara masih berada di pesisir pantai Desa Terkuri.

Sebelumnya, paus berukuran kurang lebih 12 meter ini ditemukan pada Minggu (4/9/2022) pagi sekitar pukul 05.00 WIT di pantai Desa Terkuri.