Menghitung Dampak Pencemaran Mikroplastik di Tanah

Penulis : Aryo Bhawono

Polusi

Kamis, 03 November 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Suka tidak suka, plastik telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Namun produksi dan penggunaan plastik menimbulkan masalah karena "mikroplastik" kini telah terakumulasi di tanah.

Mikroplastik adalah partikel kecil dari puing-puing plastik yang sering ditemukan di lingkungan. Mereka dihasilkan dari pembuangan dan pemecahan produk konsumen dan limbah industri dengan ukurannya kurang dari 5000 mikromilimeter. Para peneliti di Eropa menggali lebih dalam untuk mempelajari bagaimana mikroplastik dapat berdampak pada aliran air melalui tanah melalui studi terbatas tentang dampak terhadap lingkungan.

Peneliti ETH Zurich di Swiss, Andreas Cramer, dan timnya percaya jumlah mikroplastik yang tinggi di tanah memperlemah daya tampung tanah terhadap air. Hal ini terjadi karena plastik tidak mudah basah. Eksperimen mereka menguji tanah dengan berbagai jumlah mikroplastik untuk melihat bagaimana air mengenai permukaan tanah dan mengalir.

Studi ini dipublikasikan di Vadose Zone Journal.

Mikroplastik dalam berbagai ukuran. Foto: oceanbites

Tim peneliti mendapati dalam jumlah besar, mikroplastik mempengaruhi aliran air di tanah. Untungnya tak seluruh area ,seperti ladang tanaman, akan mengandung mikroplastik dalam jumlah tinggi.

Namun, data mereka juga menunjukkan mikroplastik dapat terkonsentrasi atau terkumpul di area tertentu dan tidak terdistribusi merata. Hal ini dapat menyebabkan masalah di tanah di tempat-tempat tertentu yang memiliki konsentrasi partikel yang lebih tinggi.

"Jika kita mengambil contoh bidang pertanian, distribusi mikroplastik yang tidak merata dapat menyebabkan distribusi air yang tidak merata melalui kedalaman," kata Cramer seperti dikutip dari Phys.

Akibatnya hal ini dapat memengaruhi arsitektur akar tanaman. Bintik-bintik dengan tingkat mikroplastik yang lebih tinggi di lapisan atas tanah dapat memengaruhi ketersediaan air untuk tanaman yang berakar dangkal dan, pada akhirnya, juga ketersediaan nutrisi.

Dia menambahkan skenario terburuk akan menjadi sesuatu seperti "zona mati" kering dimana aktivitas mikroba juga berkurang secara signifikan, yang dapat berdampak pada dekomposisi bahan organik.

Teknik pencitraan yang dilakukan para ilmuwan menunjukkan infiltrasi air dapat terhambat secara lokal karena tidak mengalir ke daerah dengan tingkat mikroplastik yang tinggi. Sebaliknya, ia mengalir di sekitar mereka, yang terperangkap udara. Hal ini mengakibatkan penurunan kadar air secara keseluruhan dan perlambatan penyaringan air ke dalam tanah serta perubahan konfigurasi air hingga akhir.

Tingkat rata-rata mikroplastik tidak mungkin terjadi pada volume tanah yang besar pada tingkat yang lebih tinggi yang kami pelajari.

"Namun, kami memperkirakan distribusi mikroplastik yang tidak merata di tanah. Pertimbangkan potongan film mulsa pertanian yang dimasukkan ke dalam tanah. Potongan-potongan ini menjadi rapuh dari waktu ke waktu dan hancur, berubah menjadi partikel di dalam ruang pori yang menciptakan hotspot konten mikroplastik. Atau jika Anda memikirkannya pengendapan mikroplastik di udara. Mereka akan dikumpulkan di area permukaan tanah yang kasar,” jelasnya

Ia mengatakan penolakan air oleh tanah dapat dibayangkan ketika tanah kering dalam pot disiram air. Kolam air akan terbentuk dan membutuhkan waktu untuk meresap ke dalam tanah. Mikroplastik dapat meningkatkan daya tolak air permukaan ini. 

Namun lebih banyak penelitian perlu dilakukan, hal ini bisa dapat membantu menjelaskan konteks periode panas yang berkepanjangan perubahan iklim diikuti peristiwa hujan lebat. Dia ingin menyelidiki kemungkinan dampak mikroplastik dalam proses ini.

Cramer juga ingin mengeksplorasi seberapa lama mikroplastik dapat menolak air serta apakah mikroplastik mengukur dampak mikroplastik di tanah. 

"Pekerjaan ini berkontribusi pada kesadaran masyarakat tentang dampak terhadap lingkungan," katanya. "Ini membantu kami menyadari urgensi untuk meningkatkan sistem pengelolaan limbah dan perilaku manusia yang berkontribusi mencemari lingkungan."