Merpati Tanah yang Telah Lama Hilang Berhasil Didokumentasikan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Kamis, 24 November 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Para ahli ornitologi berhasil mengabadikan foto pertama merpati tanah berkepala hitam (Otidiphaps insularis) yang telah lama hilang. Pertama kali dideskripsikan pada 1883, merpati kuau hitam hidup di Pulau Fergusson, sebuah pulau terjal di Kepulauan D'Entrecasteaux di lepas pantai timur Papua Nugini.

Seperti burung merpati lainnya, burung ini memiliki ekor yang lebar dan terkompresi secara lateral, yang seiring dengan ukurannya, membuatnya sangat mirip dengan burung pegar.

“Setelah sebulan mencari, melihat foto pertama burung merpati terasa seperti menemukan unicorn,” kata Dr. John Mittermeier, Direktur Program Burung Hilang di American Bird Conservancy, dan salah satu pemimpin ekspedisi ke Pulau Fergusson, yang didanai oleh hibah dari Cosmo Le Breton ke American Bird Conservancy dan Pencarian Burung Hilang.

“Ini adalah momen yang Anda impikan sepanjang hidup Anda sebagai seorang konservasionis dan pengamat burung,” imbuhnya.

Merpati bertengkuk hitam (Otidiphaps insularis)./Foto: Doka Nason/American Bird Conservancy.

Mittermeier dan rekan-rekannya berhasil memotret burung merpati berkepala hitam dengan kamera jebak jarak jauh, hanya dua hari sebelum mereka dijadwalkan meninggalkan pulau.

“Ketika kami mengumpulkan jebakan kamera, saya memperkirakan ada kurang dari satu persen peluang untuk mendapatkan foto burung merpati tengkuk hitam,” kata Dr. Jordan Boersma, seorang peneliti postdoctoral di Cornell Lab of Ornithology dan co-pemimpin dari tim ekspedisi.

“Kemudian saat saya melihat-lihat foto, saya terpana dengan foto burung ini yang berjalan melewati kamera kami.”

“Ketika kami akhirnya menemukan pheasant-pigeon black-naped, itu terjadi pada jam-jam terakhir ekspedisi,” kata Doka Nason, anggota tim yang memasang jebakan kamera yang akhirnya memotret burung tersebut.

“Ketika saya melihat foto-foto itu, saya sangat bersemangat.”

Temuan tim menunjukkan bahwa burung merpati bertengkuk hitam kemungkinan sangat langka.

“Masyarakat sangat antusias ketika melihat hasil survei, karena banyak orang yang belum pernah melihat atau mendengar tentang burung tersebut sampai kami memulai proyek kami dan mendapatkan foto jebakan kamera,” kata Serena Ketaloya, seorang konservasionis dari Milne Bay, Papua New Guinea.

"Mereka sekarang menantikan untuk bekerja sama dengan kami untuk mencoba melindungi burung-merpati."

“Penemuan kembali ini adalah mercusuar harapan yang luar biasa bagi burung lain yang telah hilang selama setengah abad atau lebih,” kata Christina Biggs, Manajer Search for Lost Species di Re:wild.

“Medan yang dicari tim sangat sulit, tetapi tekad mereka tidak pernah goyah, meskipun begitu sedikit orang yang ingat pernah melihat burung merpati dalam beberapa dekade terakhir.”

“Selain memberikan harapan untuk pencarian spesies lain yang hilang, informasi terperinci yang dikumpulkan oleh tim telah memberikan dasar untuk konservasi burung yang sangat langka ini, yang tentunya sangat terancam, bersama dengan spesies unik lainnya di Fergusson Island,” kata Dr. Roger Safford, Manajer Program Senior di BirdLife International.

SCI News