Spesies Baru Tumbuhan Berbunga Cantik Ditemukan di Aceh

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 21 Desember 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Ahli botani dari Universitas Samudra telah mendeskripsikan spesies baru tumbuhan berbunga genus Thottea dari hutan campuran dataran rendah Sumatera bagian utara, Indonesia. Penemuan spesies baru berbunga cantik bernama Thottea beungongtanoeh dilaporkan dalam makalah yang diterbitkan pada November 2022 di Jurnal Taiwania.

Thottea adalah genus semak dan semak yang relatif besar dalam keluarga pipevine Aristolochiaceae. Biasanya tingginya kurang dari 1 m (3,3 kaki), anggota genus tersebar luas di Asia, dari India di barat hingga Sulawesi dan Filipina di timur. Thottea mencakup lebih dari 50 spesies yang diakui secara ilmiah, beberapa di antaranya penting dalam pengobatan tradisional dan Ayurveda.

“Salah satu pusat penyebarannya ada di Sumatera yang diwakili oleh 10 spesies,” ujar Wendy Mustaqim dan Zulfan Arico, ahli botani Universitas Samudra.

“Di pulau ini, studi taksonomi genus belum selesai. Beberapa spesies kurang dikenal karena terbatasnya jumlah spesimen seperti Thottea beccarii dan Thottea tapanuliensis atau dideskripsikan berdasarkan bahan yang tidak lengkap seperti Thottea straatmanii,” lanjutnya.

Thottea beungongtanoeh : (A) tumbuhan hidup; (B) daun, sisi adaksial; (C) daun, sisi abaksial; (D) perbungaan; (E) bunga, tampak samping; (F) bunga, tampak atas; (G) perianth, permukaan luar; (H) perianth, permukaan dalam; (I) benang sari; (J) gaya dan stigma; (K) kapsul yang belum matang. Bilah skala-1 cm in (BE), 5 mm in (G), 1 mm in (HJ), 5 mm in (K)./Gambar: Wendy A. Mustaqim.

Spesies Thottea yang baru teridentifikasi adalah sub semak abadi setinggi 1,5 m (4,9 kaki). Spesies ini kemudian diberi nama Thottea beungongtanoeh, endemik Aceh bagian timur, provinsi paling utara di Sumatera. Tumbuhan ini berbunga dan berbuah pada bulan Juni, dan berbeda dari semua spesies yang dijelaskan sebelumnya karena memiliki gaya 33-cuping, hitungan tertinggi untuk genus.

Thottea beungongtanoeh dapat dikenali dari spesies lain dalam genus dengan gaya bercuping 33,” kata para peneliti.

Jenis ini mirip dengan Thottea grandiflora. Selain memiliki lobus gaya yang lebih banyak (33 vs 20), spesies ini berbeda dalam memiliki perbungaan yang dekat dengan permukaan tanah (vs bukan dari permukaan tanah) dan tubular perianth tube (vs campanulate).”

Thottea beungongtanoeh hanya diketahui dari jenis lokalitasnya; semua individu (sekitar 15) ditemukan di dataran rendah dan hutan yang tidak dilindungi terancam oleh konversi menjadi lahan pertanian dan perkebunan,” tambah mereka.

Meskipun hutan di sekitar lokasi tipe, dengan lanskap dan vegetasi yang sangat mirip, kurang dieksplorasi, mereka menganggap bahwa spesies tersebut harus ditempatkan sebagai terancam.

“Mengikuti IUCN (2012) dan IUCN Standards and Petitions Committee (2022), spesies ini paling baik untuk sementara ditetapkan sebagai Kritis karena memiliki luas hunian kurang dari 10 km 2, diketahui hanya dari satu lokasi, dan habitat yang tersedia menurun dan dewasa. individu kurang dari 50.”

SCI News