Danone Digugat atas Penggunaan Plastik

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Sampah

Kamis, 12 Januari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Danone, perusahaan yoghurt dan air kemasan Prancis, dibawa ke pengadilan oleh tiga kelompok lingkungan yang menuduhnya gagal mengurangi jejak plastiknya secara memadai.

Kelompok aktivis menyebut perusahaan di belakang air mineral merek Evian dan Volvic ini gagal dalam tugasnya untuk bertindak di bawah undang-undang Prancis yang inovatif.

Undang-Undang “tugas kewaspadaan” Tahun 2017 mewajibkan pemantauan hak asasi manusia dan masalah lingkungan di dalam perusahaan besar Prancis dan rantai pasokan mereka. Ini semakin banyak digunakan oleh organisasi non-pemerintah untuk melawan perusahaan multinasional, sebagai bagian dari tren litigasi iklim yang berkembang.

Danone dinobatkan, bersama Coca-Cola, PepsiCo, dan Nestlé, sebagai salah satu dari 10 pencemar plastik teratas dunia, menurut audit merek pada Desember kemarin.

Pabrik air mineral Evian di Amphion-les-Bains, Prancis./Foto: Jean-Pierre Clatot/AFP/Getty Images

"Danone berjalan dengan susah payah tanpa rencana serius untuk menangani plastik, meskipun ada kekhawatiran yang jelas dari pakar iklim dan kesehatan serta konsumen, dan kewajiban hukum untuk menghadapinya. untuk masalah ini," kata Rosa Pritchard, seorang pengacara untuk ClientEarth, salah satu kelompok yang mengambil tindakan.

"Rencana kewaspadaan" wajib perusahaan, untuk mencantumkan dampak lingkungan dan sosial perusahaan, "sepenuhnya diam pada plastik," imbuhnya.

Dalam pernyataannya, Danone menolak tudingan tersebut. Danone mengaku sangat terkejut dengan tuduhan ini, dan membantah keras. Danone menyebut pihaknya telah lama dikenal sebagai pelopor dalam pengelolaan risiko lingkungan, dan kami tetap berkomitmen penuh dan bertekad untuk bertindak secara bertanggung jawab.

“Kami menerapkan kerangka tindakan komprehensif yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik, mengembangkan penggunaan kembali, memperkuat skema pengumpulan dan daur ulang, dan mengembangkan bahan alternatif. Kami telah membuat kemajuan yang signifikan di masing-masing bidang ini, terutama pada pengurangan plastik, dengan, misalnya, penurunan sebesar 12 persen di tingkat global (absolut 60.000 ton) antara tahun 2018 dan 2021,” ujar pihak Danone.

Mengakhiri polusi plastik tidak dapat datang dari satu perusahaan saja, katanya, dan itu membutuhkan mobilisasi semua pemain, publik dan industri.

“Inilah sebabnya kami mendukung pengadopsian, di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, perjanjian internasional yang mengikat secara hukum,” kata Danone.

Gugatan, salah satu dari beberapa tindakan hukum baru-baru ini yang menargetkan pencemar plastik, diajukan ke pengadilan Paris pekan ini. Kelompok lingkungan Surfrider, ClientEarth, dan Zero Waste France, mengatakan mereka ingin perusahaan menerima pertanggungjawaban atas penggunaan plastiknya.

“Kami ingin Danone menerbitkan kembali laporan tugas perawatan wajibnya dan secara khusus memperhitungkan penggunaan plastiknya, termasuk strategi konkret untuk menguranginya,” kata Antidia Citores, Juru Bicara Kampanye Perlindungan Laut Surfrider Foundation Europe, kepada Reuters.

Pada September lalu, grup tersebut secara resmi memberi tahu Danone, memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memperbaiki "rencana kewaspadaannya". Perusahaan menjawab surat pemberitahuan resmi, tetapi LSM berpendapat bahwa tanggapan tersebut tidak memadai dan tidak memenuhi tuntutan mereka secara memadai.

Undang-undang Prancis diperkenalkan setelah bencana Rana Plaza pada 2013, di Bangladesh, di mana 1.100 orang tewas akibat runtuhnya pabrik pakaian yang digunakan oleh merek fashion barat. Kurangnya akuntabilitas oleh merek menyebabkan tekanan dari kelompok hak asasi manusia dan lainnya untuk mengkampanyekan lebih banyak tanggung jawab perusahaan.

Danone hadir di 120 negara, termasuk Indonesia dan Turki, yang menerima banyak sampah plastik dari barat. Danone menduduki peringkat teratas audit merek pencemar plastik di Indonesia selama tiga tahun terakhir.

ClientEarth mengatakan Danone setiap tahun menggunakan lebih dari 74 kali berat Menara Eiffel dalam plastik. Pada 2021 menggunakan 750.000 ton, lebih dari 716.500 ton yang digunakan pada 2020, menurut laporan keuangan 2021.

Kelompok tersebut meminta hakim di pengadilan sipil Paris untuk memaksa perusahaan merilis rencana baru dalam waktu enam bulan yang akan mencakup penghapusan plastik.

Kasus ini adalah salah satu dari beberapa tindakan hukum yang diajukan oleh LSM setelah perjanjian internasional bersejarah untuk menghentikan gelombang sampah plastik. Pada Maret 2022, para pemimpin dunia sepakat untuk menyusun perjanjian yang mengikat secara hukum selama dua tahun berikutnya yang mencakup siklus hidup penuh plastik dari produksi hingga pembuangan.

Hanya 9 persen sampah plastik yang pernah didaur ulang. Plastik sulit didaur ulang, lambat membusuk, mahal dan berpolusi untuk dibakar; mereka terurai menjadi partikel kecil dan ada di mana-mana yang memasuki rantai makanan dan membahayakan hewan.

Selama tujuh dekade terakhir, produksi plastik telah meroket dari 1 juta ton pada 1950 menjadi 460 juta ton pada 2019, dan diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat pada 2060. Sebagian besar limbah berakhir di TPA, di insinerator, atau bocor ke lingkungan, menurut kepada Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan .

Pada 2015, Danone berkomitmen untuk menggunakan kembali, mendaur ulang, atau membuat kompos kemasan plastik.

The Guardian